Krisis Air Bersih, Warga Ciampel Terpaksa Gunakan Air Keruh - Sumber Informasi Dunia

Krisis Air Bersih, Warga Ciampel Terpaksa Gunakan Air Keruh

Share This

KARAWANG, BINTANGNEWS.com – Kemarau panjang membuat sejumlah wilayah di karawang, Jawa Barat, mengalami krisis air bersih.
Warga terpaksa memanfaatkan air keruh yang diambil dari sumur-sumur kecil yang dibuat warga di badan sungai Cibenda, Desa Parungmulya, Kecamatan Ciampel, Karawang, untuk memenuhi kebutuhan sehari-hari.

Sumur-sumur kecil di badan sungai Cibenda yang sudah mengering di Desa Parungmulya Kecamatan Ciampel Karawang ini menjadi sumber satu-satunya yang diandalkan warga.

Setiap hari warga harus mengambil air dari sumur-sumur kecil yang digali warga sendiri, karena tidak ada sumber lain mengingat kondisi sungai dan sumber mata air lain sudah mengering.

Meski kondisinya, keruh dan tidak layak warga terpaksa memanfaatkan air keruh ini untuk memenuhi kebutuhan sehari-hari, seperti keperluan mencuci dan mandi.

Namun untuk mendapatkan satengah ember air, warga harus menunggu hingga dua jam lamanya, dengan cara mengendapkannya sebelum di bawa pulang.

Sementara untuk keperluan minum warga harus membeli air dengan harga enam ribu rupiah per-galon, atau menunggu adanya bantuan air bersih yang berasal dari pihak swasta.

Akan tetapi, bantuan air bersih yang dikirim setiap tiga hari sekali hanya mampu untuk mencukupi kebutuhan bagi 20 kepala keluarga dari jumlah sebanyak 270 kepala keluarga yang berada di wilayah ini.

Krisis air bersih yang terjadi di wilayah ini sudah berlangsung selama tiga bulan. Warga mengaku, krisis air bersih juga selalu menjadi ancaman di setiap musim kemarau seperti sekarang ini,” kata Ahmad, warga sekitar.(bin)

Ikuti Terus Sumber Informasi Dunia di twitter@bintangnews.com


Post Bottom Ad

Pages