Prof: Hindari Tulang Keropos, Orang Tua Harus Rajin Minum Susu - Sumber Informasi Dunia

Prof: Hindari Tulang Keropos, Orang Tua Harus Rajin Minum Susu

Share This

BINTANGNEWS.com – Sejak kecil, kita sering sekali mendengar pentingnya memenuhi pola makan empat sehat lima sempurna. Namun, tak sedikit yang masih melewatkan minum susu.
Padahal, susu tak hanya penting untuk usia anak namun juga perlu bagi orang-orang dewasa bahkan yang lebih tua. Sebab, susu mengandung bermacam vitamin dan mineral yang belum tentu bisa ditemukan pada sumber lain.

Susu yang dijual di masyarakat sudah ditambahkan berbagai macam vitamin dan mineral, seperti kalsium, zinc dan vitamin D. Hal itu diungkapkan Guru Besar Bidang Keamanan Pangan dan Gizi Fakultas Ekologi Institut Pertanian Bogor, Prof. Ir. Ahmad Sulaeman, MS, PhD yang dilansir Kompas.com saat mengisi acara diskusi di Gran Mahakam Hotel, Jakarta, Jumat (12/10/2018).

Simak Alasannya Ahmad mencontohkan, vitamin D memang bisa didapatkan dari sinar matahari. Namun orang yang kekurangan sinar matahari bisa memenuhi kebutuhan vitamin D dengan konsumsi susu.

Salah satu mahasiswa Ahmad di IPB melakukan penelitian dan mendapatkan bahwa pekerja garmen banyak mengalami defisiensi vitamin D. Hal itu karena mereka pergi kerja sebelum matahari datang dan pulang sesudah matahari terbenam.

"Tidak pernah ketemu matahari. Kalau enggak dari susu, dari mana lagi dia mendapat vitamin D?" Kekurangan konsumsi susu bisa menyebabkan banyak hal buruk. Salah satunya menyebabkan kerapuhan tulang karena kekurangan kalsium.

Itulah mengapa banyak orang tua, terutama 40 tahun ke atas, mengalami osteoporosis. "Di usia tersebut susu harus makin banyak. Makanya muncul produk susu 40, 50 tahun ke atas," kata dia.

Baca juga: Kurangi Nafsu Makan dengan Minum Susu Setiap Pagi Kalsium memang terdapat pada sumber makanan lain, seperti makanan laut dan ikan. Namun, tingkat penyerapan kalsium dari susu menurutnya lebih tinggi daripada sumber-sumber lain tersebut.

Orang-orang tua yang tidak minum susu akan lebih rentan mengalami pengeroposan tulang, terlebih jika tubuhnya kurus. Ahmad menambahkan, saran jumlah konsumsi susu bagi usia 45 tahun ke atas kurang lebih 250ml perhari dan usahakan mengkonsumsi susu segar atau susu pasteurisasi.

"Jadi makin tua apalagi 60 ke atas sebaiknya mengonsumsi susu. Mulai 45 hingga sekitar 70 tahun. 250ml sudah cukup," tuturnya.***


.(bin)

Ikuti Terus Sumber Informasi Dunia di twitter@bintangnews.com


Post Bottom Ad

ad728

Pages