Sudahkah Hari Ini Mengucapkan "Terima Kasih" Pada Pasangan Anda? - Sumber Informasi Dunia

Sudahkah Hari Ini Mengucapkan "Terima Kasih" Pada Pasangan Anda?

Share This

BINTANGNEWS.com – Sejak kecil kita terus menerus diajarkan untuk terbiasa mengatakan tiga kata penting: maaf, tolong dan terima kasih. Tapi, pada kenyataannya banyak orang yang tak terbiasa mengucapkan hal tersebut kepada orang-orang terdekat, termasuk ketika sudah dewasa. Misalnya, kepada pasangan.
Terima kasih adalah salah satu bentuk reward atau hadiah terhadap pasangan, yang sebetulnya juga perlu kita berikan kepada siapa saja. Menghargai setiap tindakan pasangan sangatlah diperlukan, baik ketika belum menikah maupun sudah menikah.

"Apa yang biasa dilakukan banyak pasangan? Sudah enggak pernah bilang "thank you", merasa sudah seharusnya si dia melakukan itu jadi kita enggak menghargai lagi."

Hal itu diungkapkan Relationship Coach sekaligus Pendiri KelasCinta.com, Kei Savourie yanng dilansir Kompas.com dalam seminar bertajuk "Relationship Blueprint" yang diselenggarakan di Grand Orchardz Kemayoran, Jakarta, Sabtu (13/10/2018).

 Misalnya, ketika pasangan mengantar-jemput kita ke manapun. Banyak dari kita merasa hal itu wajar dilakukan seseorang terhadap pasangannya sehingga lama-kelamaan tidak lagi memberikan ucapan terima kasih.

Itu hanya satu contoh dari banyak sekali kebaikan yang dilakukan oleh pasangan kita. Namun, karena kita berpikir kebaikan tersebut sudah seharusnya menjadi hak kita maka ucapan terima kasih tak lagi meluncur dari mulut kita. Kei menambahkan, mengucapkan terima kasih kepada siapa saja sebetulnya bawaan sejak kecil.

Biasanya, mereka yang tak terbiasa mengucapkannya dibesarkan di keluarga yang memang sejak kecil tak terbiasa mengucapkan terima kasih. Meskipun, ada pula mereka yang tak terbiasa melakukannya karena gengsi. Padahal, ungkapan sederhana seperti "terima kasih" bisa menjadi hadiah yang mungkin sangat didambakan oleh pasangan kita.

"Kita kadang lupa yang dilakukan pasangan itu sebuah kebaikan, lho. Karena dia menyayangi kita dan ingin kita happy. Itu prestasi dan seharusnya dihargai. Tapi ada orang yang susah bilang thank you dan susah memuji," tuturnya. Ungkapan terima kasih bisa diiringi dengan mengelus kepala pasangan dan memberikan kata-kata yang baik.

Hal itu akan membuat pasangan senang dan akan melakukannya lagi. Sebaliknya, ketika kebaikan itu diabaikan, pasangan kita akan belajar untuk tidak melakukannya lagi. Alih-alih mengungkapkan terima kasih, kita terkadang lebih mudah memarahi pasangan ketika ia melakukan sebuah kesalahan. Tanpa memedulikan kebaikan-kebaikan yang pernah dilakukannya.

"Kalau keseringan ngomel tapi enggak pernah memberikan penghargaan, dia akan takut melakukan apapun. Itu yang membuat hal-hal indah di masa PDKT seringkali hilang sama sekali. Karena tidak dihargai," ucap Kei.

Jadi, mulai sekarang biasakan lah memberikan penghargaan pada pasangan. Hal ini memang tak mudah jika belum terbiasa, namun bukan sesuatu yang mustahil untuk dibangun. Jangan ragu untuk saling mengingatkan untuk memberikan penghargaan satu sama lain. Usahakan upaya ini diiringi komunikasi yang juga baik.

"Silakan dinegosiasikan penghargaannya apa, misalnya dia sukanya apa, maunya apa, kalau kado mau apa, atau kalau mau minta jemput apakah dia bisa? Kalau tidak bisa, bisa dibicarakan kembali kapan dia bisa," kata Kei.***


.(bin)

Ikuti Terus Sumber Informasi Dunia di twitter@bintangnews.com


Post Bottom Ad

ad728

Pages