LSI: Peran Sandiaga Lebih Krusial dibanding Ma'ruf - Sumber Informasi Dunia

LSI: Peran Sandiaga Lebih Krusial dibanding Ma'ruf

Share This

BINTANGNEWS.com – Lingkaran Survei Indonesia pimpinan Denny JA menyebut Sandiaga Uno lebih banyak berperan menarik pemilih baru bagi Prabowo Subianto ketimbang Ma'ruf Amin bagi Joko Widodo. Sebab Sandiaga diyakini bisa menggaet pemilih milenial dan perempuan.
"Peran Sandi krusial dibanding peran Ma'ruf di Jokowi. Karena dia akan meluaskan dukungan Prabowo. Sandi akan lebih banyak berperan menarik pemilih baru. Pemilih agak berat pilih Prabowo tapi lebih memilih Sandi, ini akan dikapitalisasi dan dimanfaatkan," kata peneliti LSI, Adjie Alfaraby, di Jakarta pada Jumat, 2 November 2018.

Ia mencontohkan Sandiaga akan lebih mudah menggaet kelompok pemilih milenial dan emak-emak. Sandiaga dianggap mewakili kelompok milenial, misal, dari sisi hobinya.

"Pemilih emak-emak karena latar belakang dia sebagai pengusaha, dia banyak bicara soal isu ekonomi yang mikro. Dia jarang bicara isu makro ekonomi. Beban ekonomi rumah tangga, harga-harga kebutuhan pokok," kata Adjie yang dikutif Viva.co.id.

LSI: PKB dan PDIP Kejar-kejaran Dukungan Warga Jatim di Pileg 2019
Menurutnya, Prabowo memang memiliki pemilih loyal. Tapi kalau hanya mengandalkan itu, pasti Prabowo akan kalah lagi dengan Jokowi. Prabowo disarankan lebih fokus pada pemilih loyalnya, karena mereka menganggap Prabowo sosok yang tegas dan berlatar belakang militer.

Jokowi, kata Adjie, menjual status sebagai petahana. Sebab dalam logika pemilu, petahana kecenderungan terpilih kembali cukup besar dari sisi personal dan kebijakan.

"Ma'ruf hanya menjaga suara. Lebih banyak diminta untuk perbanyak silaturahmi ke kelompok Islam. Harapannya beliau bisa menjaga hubungan Jokowi di muslim dan NU yang basis pemilihnya besar," ujarnya.***

.(bin)

Ikuti Terus Sumber Informasi Dunia di twitter@bintangnews.com


Post Bottom Ad

Pages