Bupati Cellica Resmikan Program "Karawang Cerdas” - Sumber Informasi Dunia

Bupati Cellica Resmikan Program "Karawang Cerdas”

Share This

KARAWANG, BINTANGNEWS.com – Bupati Karawang, dr Hj. Cellica Nurrachdiana mengancam akan mencabut dana bantuan sekolah atau beasiswa, program "Karawang Cerdas" oleh mahasiswa dan siswa-siswi, jika diketahui hanya untuk digunakan belanja atau poya-poya di Mall di Kabupaten Karawang.
”Kami bisa mencabut beasiswa bagi siswa-siswi yang menerima beasiswa, jika diketahui dana tersebut hanya untuk belanja atau hanya untuk sekedar poya-poya di Mall,” kata Cellica. 

Bupati Karawang juga menegaskan jika beasiswa ini hanya diperuntukkan bagi mahasiswa dan siswa SMA/SMK kelahiran Karawang, baik melalui jalur prestasi atau bagi orangtua yang lemah ekonominya, agar tetap anak-anaknya bisa melanjutkan pendidikannya, bukan untuk foya-foya,” tegas Cellica saat meresmikan program "Karawang Cerdas" di Lantai 3 Gedung Singaperbangsa Karawang, Jumat (28/12/2018).

Program "Karawang Cerdas" bagi yang berhak menerima beasiswa itu, sekitar 3.737 siswa SMK/SMK dan  mahasiswa yang kelahiran Karawang. Dana tersebut yang bersumber dari dana APBD Karawang tahun 2018.

Program ini bekerjasama antara Pemerintah Kabupaten Karawang, dengan pihak Bank Jabar Banten (BJB). Dan diharapkan beasiswa ini juga dapat meningkatkan Indeks Pembangunan Manusia (IPM) Karawang di bidang pendidikan.

Dan beasiswa ini juga diberikan sesuai Peraturan Bupati Karawang Nomor 66 Tahun 2018 tentang Program Karawang Cerdas. Diantaranya diberikan kepada 150 mahasiswa perguruan tinggi negeri (PTN) dan swasta di Karawang. Kemudia untuk 47 mahasiswa PTN di luar Karawang. "dan ada juga untuk satu orang mahasiswa yang kelahiran Karawang tapi kuliahnya di luar negeri.

Bagi yang menerima beasiswa tersebut berpareatif, ada yang menerima sebesar Rp 12.000.000 per tahun, juga diberikan kepada 1.219 pelajar SMK dan 2.290 pelajar SMA di Karawang sebesar Rp 1.400.000 per orang. "Karena kita tahu, SMK dan SMA ini kewenangannya ada pada provinsi. Namun tetap pemerintah daerah harus membantu untuk warganya. Dengan demikian, beasiswa ini kita berikan kepada SMK dan SMA," ujar Cellica.

Sementara itu, Kepala Cabang Bank BJB Arfandy menyampaikan Kabupaten Karawang memberikan program Karawang Cerdas kepada ribuan siswa-siswinya melalui rekening Bank BJB. "Dimana kami juga memberikan pengelolaan keuangan kepada penerima beasiswa melalui ATM khusus yang mereka (Pemkab Karawang) berikan," kata Arfandy.

”Selain itu, kami pihak,  Bank BJB juga kerap memberikan CSR untuk biaya sarana dan prasana bagi sekolah-sekolah di Kabupaten Karawang. "Bank BJB sangat fokus untuk mendukung kegiatan positif dalam dunia pendidikan," papar Arfandy singkatnya.(bin)

Ikuti Terus Sumber Informasi Dunia di twitter@bintangnews.com 


Post Bottom Ad

Pages