Ketua LMP Karawang Minta Jabatan Sekda Teddy Tidak Diperpanjang - Sumber Informasi Dunia

Ketua LMP Karawang Minta Jabatan Sekda Teddy Tidak Diperpanjang

Share This

KARAWANG, BINTANGNEWS.com – Gonjang-ganjing menjelang akan kerakhirnya masa jabatan Sekretaris Daerah (Sekda) Kabupaten Karawang, Teddy Rusfendy Sutisna, manuver politik pun mulai bermunculan. Spikulasi nama-nama ditingkat pejabat eselon II sudah  dihembuskan meski syarat dengan pro dan kontra.
Sementara masa jabatan Sekda Teddy baru akan berakhir sampai dengan tanggal 15 Januari 2019, sedangkan masa pensiun baru akan berakhir pada tahun 2021 mendatang. Namun beberapa aktivis dan tokoh masyarakat mulai berspikulasi mengenai posisi Jabatan orang nomor tiga di Kabupaten Karawang itu.

Tentu pro dan kontra pun mulai bermunculan, disatu pihak mendukung bahwa nama Teddy harus dipertahankan dan diperpanjang masa jabatannya. Namun dipihak lain pun Teddy tetap harus diganti dengan pertimbangan mengenai kesehatanya.     

Sebut saja Ketua Ormas Laskar Merah Putih (LMP) Markas Cabang Kabupaten Karawang, H. Awandi Siroj Suwandi, yang membantah untuk tidak mepertahankan nama Teddy dengan pertimbangan mengenai kesehatanya.  

Mekanisme dalam regulasi masa jabatan Sekda memang dapat diperpanjang jika masa periodiknya sudah berakhir sampai dengan waktu 5 tahun, dan itu ada pada hak prerogatif Bupati melalui Perpres Nomor 3 Tahun 2018 tentang Penjabat Sekretaris Daerah (Sekda).

Dengan pertimbangan untuk melaksanakan ketentuan Pasal 214 ayat (5) Undang-Undang Nomor 23 Tahun 2014 tentang Pemerintahan Daerah sebagaimana telah beberapa kali diubah, terakhir dengan Undang-Undang Nomor 9 Tahun 2015 tentang Perubahan Kedua atas Undang-Undang Nomor 23 Tahun 2014 tentang Pemerintahan Daerah, pada 2 Februari 2018, Presiden Joko Widodo telah menandatangani Peraturan Presiden (Perpres) Nomor 3 Tahun 2018 tentang Penjabat Sekretaris Daerah (tautan: Perpres Nomor 3 Tahun 2018).

"Tapi pertimbangan kedua, kenapa saya minta Sekda tidak perlu di perpanjang lagi. Yakni pertimbangan kesehatan, selama ini kan Sekda sudah mulai sakit-sakitan. Banyak sekali kegiatan kerja yang di wakili oleh Asisten Daerah (Asda) dan Kepala Organiasi Daerah (OPD) dengan alasan Sekda sakit. Sedangkan jabatan Sekda itu sangat strategis, sebagai ujung tombak kepemimpinan birokrat tingkat Daerah.",

"Alasan ketiga, soal kaderisasi birokrat. Kalau ada perpanjangan, kapan ada kaderisasi birokrat, khususnya untuk Eselon II.

"Jadi, menurut saya, sebaiknya Bupati Karawang, cukup lah masa jabatan Teddy sampai dengan 15 Januari 2019. Toh masih banyak pejabat Eselon II yang kompeten, dan sehat secara jasmani.",

"Ya kalau pun harus di perpanjang, cukup lah 3 Bulan saja, untuk persiapan calon Sekda baru, bukan untuk Plt," pungkas Awandi.***

.(bin)

Ikuti Terus Sumber Informasi Dunia di twitter@bintangnews.com


Post Bottom Ad

Pages