Breaking News

Piala AFF 2018, Jatuh ke Timnas Vietnam


BINTANGNEWS.com – Timnas Vietnam keluar sebagai juara di Piala AFF 2018 setelah mengalahkan Malaysia 1-0 pada laga final leg kedua yang berlangsung di Stadion My Dinh, Hanoi, Sabtu malam (15/12) malam WIB. Ini merupakan trofi kedua yang diraih The Golden Stars selama turnamen dua tahunan ini digelar pada 1996.
Perjalanan Vietnam menuju podium juara di Piala AFF 2018 terbilang sempurna. Sejak menjalani pertandingan di babak penyisihan Grup B, tim besutan Park Hang-seo.

Pelatih yang baru menerima penghargaan bergengsi "Person of the Year" yang diselenggarakan The Journalists Association of Korea itu berhasil membawa timnas Vietnam keluar sebagai juara Grup A dengan catatan tak terkalahkan dari empat pertandingan (tiga menang dan sekali seri).

Catatan fenomenal itu terus berlanjut di semifinal Piala AFF 2018. Berhadapan melawan Filipina, Vitenam menang dalam dua leg dengan skor yang sama 2-1.

Timnas Vietnam pun lolos ke final dengan keunggulan agregat 4-2 atas Filipina. Di final, Nguyen Anh Duc dkk ditantang Malaysia setelah timnas Negeri Jiran menyingkirkan juara bertahan Thailand dengan keunggulan produktivitas gol tandang.

Pada pertandingan final yang berlangsung dalam dua leg ini. Vietnam benar-benar dibuat kepayahan selama berhadapan melawan Malaysia.

Di leg pertama, dua gol cepat yang dicetak pemain Vietnam yakni Nguyen Huy Hung (22') dan Pham Duc Huy (25') tak mampu dijaga dengan baik. Mengingat Malaysia mampu menahan imbang 2-2 setelah Shahrul (36') dan Safawi (61') mampu mencetak gol.

Meski Malaysia masih memiliki peluang untuk menjadi juara, namun Vietnam yang dikutif Sindonews tampil di depan pendukungnya mampu memberikan tontonan menarik. Satu gol tanpa balas menutup perjalanan Vietnam sebagai juara.

Anh Duc Nguyen menjadi momok yang menakutkan buat pertahanan Malaysia. Pasalnya, dia mampu mencetak gol pembuka saat pertandingan baru berjalan enam menit lewat sepakan setengah voli usai menerima umpan akurat dari Nguyen Quang Hai.

Hingga 45 menit pertama, Vietnam mampu menjaga keunggulan 1-0. Di babak kedua, Vietnam mendapat tekanan dari Malaysia. Beberapa kali tim Negeri Jiran nyaris mengoyak jala tuan rumah.

Namun kehebatan kiper Vietnam dalam mengawal gawangnya patut diacungi jempol. Pasalnya, Malaysia tidak mampu menjebol gawangnya hingga 90 menit pertandingan usai.
.(jon)

Ikuti Terus Sumber Informasi Dunia di twitter@bintangnews.com