Breaking News

Warga Karawang Masih 222 Orang Penderita HIV/AIDS



KARAWANG, BINTANGNEWS.com – Angka penderita HIV/AIDS di Kabupaten Karawang, Jawa Barat, hingga akhir Desember 2018 mencapai 222 orang. Berdasarkan data Komisi Penanggulangan AIDS (KPA) Kabupaten Karawang, penderita HIV/AIDS ini didominasi pasangan sesama jenis homoseksual (gay) mengalahkan Wanita Penjaja Seks (WPS).
“Kalau dulu penyebaran HIV/ AIDS itu karena seks bebas karena gonta-ganti pasangan atau akibat jarum suntik sekarang sudah bergeser. Data terakhir kami mengungkapkan kelompok homo seksual menjadi yang tertinggi penularannya,” kata  Priska staf Komisi Penanggulangan AIDS Karawang,  Rabu(19/12).

Priska mengatakan, berdasarkan data KPA menyebut dari awal januari hingga akhir Desember 2018, ada 222 orang yang terinveksi HIV/AIDS yang ditularkan oleh pria dan wanita para Pekerja Seks Komersial (PSK). Dan laki laki sebagai penderita Virus HIV terbanyak.

“Angka ini berdasarkan data yang masuk dari puskesmas, rumah sakit dan dinas kesehatan yang mendeteksi dan menangani penderita HIV,” ujarnya.

Menurut Priska dari jumlah tersebut kebanyakan mereka laki laki karena laki-laki penyuka sesama jenis lebih mudah menularkan HIV dan AIDS dibanding perempuan yang memiliki kecenderungan seksual serupa. Berdasarkan hasil pemetaan yang telah dilakukan oleh pihak KPA di beberapa titik pusat di Kabupaten Karawang, para kaum homoseksual memiliki komunitas dengan jumlah anggota mencapai ratusan orang yang menyebar di seluruh kecamatan,” pungkasnya.(bin)

Ikuti Terus Sumber Informasi Dunia di twitter@bintangnews.com