Debat Kedua Pilpres Kedua KPU akan Ganti Moderator - Sumber Informasi Dunia

Debat Kedua Pilpres Kedua KPU akan Ganti Moderator

Share This

BINTANGNEWS.com – Komisioner Komisi Pemilihan Umum (KPU), Wahyu Setiawan, mengatakan moderator debat kedua pilpres sudah bukan lagi Ira Koesno-Imam Priyono. Menurut KPU, moderator setiap debat pilpres akan diganti.
"Kami punya konsep di mana setiap debat pilpres moderatornya ganti. Panelisnya ganti, supaya segar dan selalu ada hal yang baru," ujar Wahyu kepada wartawan di Kantor KPU, Menteng, Jakarta Pusat, Senin (21/1).

Untuk debat kedua pada 17 Februari nanti, KPU sudah memiliki sejumlah kandidat nama moderator. Semua nama merupakan jurnalis.

"Ada Alfito Deannova, Najwa Shihab dan sejumlah nama lain yang masuk bursa moderator debat.  Kami akan membahasnya bersama TKN Jokowi-Ma'ruf Amin dan Prabowo-Sandiaga Uno. Sebab dalam menentukan moderator debat, kami tidak bisa memutuskannya sendiri," tambahnya.

Sebelumnya, Wahyu menjelaskan ada lima poin perubahan pada debat pilpres kedua nanti. Menurutnya, format debat kedua akan dirancang lebih eksploratif terhadap gagasan capres-cawapres.

Pertama, KPU menegaskan tidak ada kisi-kisi yang diberikan kepada masing-masing paslon capres-cawapres. Kisi-kisi dibuat oleh sejumlah panelis dan hanya diberitahukan kepada moderator sebagai bahan untuk bertanya kepada capres-cawapres.

Kedua, tata panggung debat akan diubah dengan meniadakan kursi puluhan pendukung masing-masing paslon capres-cawapres. Berdasarkan evaluasi KPU, keberadaan pendukung itu membuat suasana gaduh dan tidak tertib.

"Jadi para elite yang merepresentasikan TKN Jokowi-Ma'ruf Amin dan BPN Prabowo-Sandiaga Uno itu juga harus menghormati rakyat yang menonton dan pendengar di rumah. Kami pastikan format debat membuat penonton di rumah lebih nyaman untuk mendengar dan menyaksikan," jelas Wahyu yang dikutif Republika.co.id.

Ketiga, KPU memastikan peran moderator debat nanti ditambah supaya dalam memandu jalannya debat lebih dinamis. Keempat, durasi debat akan ditambah untuk segmen penyampaian visi-misi. Dengan demikian, penyampaian visi-misi nanti bisa lebih utuh.

Kelima, KPU memastikan akan menentukan nama-nama panelis debat kedua secara mandiri. Nama-nama yang telah ditentukan nantinya tidak boleh diganti jika ada pihak-pihak yang tidak setuju.

Debat kedua pilpres dijadwalkan akan digelar di Hotel Sultan, Jl Gatot Subroto, Jakarta Pusat. Debat kedua nanti merupakan debat antarcapres, yakni Joko Widodo (Jokowi) dan Prabowo Subianto. Dalam debat kedua, ada sejumlah tema yang akan dibahas yakni energi dan pangan, SDA dan lingkungan hidup serta infrastruktur.(bin)

Ikuti Terus Sumber Informasi Dunia di twitter@bintangnews.com

Post Bottom Ad

Pages