Breaking News

Gerakan Satgas Citarum Harum Karawang, Bersihkan Sampah di Jalan Veteran


KARAWANG, BINTANGNEWS.com – Satuan Tugas Citarum Harum Sektor 19 Kabupaten Karawang, mengangkut sampah yang menggunung di jalan Veteran di depan Perumahan Gading Elok, wilayah kelurahan Karawang Wetan, Kecamatan Karawang Barat, Selasa (12/2).
Sampah itu menggunung bukan di Tempat Pembuangan Sampah (TPS) Sementara. Tapi di TPS liar yang tidak terdapat bak sampah dan bak mobil truk sampah.

TPS yang berada di lokasi itu dibongkar seiring dengan pembangunan jembatan baru Johar di depan perumahan tersebut. Ketika itu, Dinas Lingkungan Hidup dan Kebersihan (DLHK) Karawang sempat berjanji akan menyediakan TPS setelah pembongkaran TPS itu. Tapi hingga kin belum ada pembangunan TPS yang dijanjikan.

"Problem sampah ini terjadi semenjak TPS di depan perumahan Gading Elok dibongkar, saat pembangunan jembatan baru Johar. Sampai saat ini dari DLHK belum juga memberikan pengganti TPS yang dibongkar," kata Ketua RW 26 Perumahan Gading Elok, Mahdi (46).

Kata Mahdi, dari DLHK sebenarnya sudah pernah mengganti TPS dengan bak mobil truk sampah, namun sudah dua bulan ini bak mobil sampah tersebut tidak kunjung ditempatkan kembali di depan perumahan.

"Makanya sekarang kita gak punya lagi bak sampah, biasanya rutin dua kali dalam sehari, saat ini tidak dilakukan dengan alasan armada sedang rusak," ucapnya.

Saat ini biasanya yang diketahui Mahdi, petugas melakukan kebersihan hanya pada lima hari sekali.

"Lima hari tidak diangkut ya pasti penuh sampah ini sampah warga, tapi tidak sedikit juga dari luar warga perumahan yang buang menggunakan karung," katanya.

Secara terpisah, Kepala Dinas Lingkungan Hidup dan Kebersihan Karawang, Wawan Setiawan, hanya menanggapi mengenai Citarum Harum. Pihaknya kini sedang menyusun rencana aksinya disingkronkan dengan provinsi dan kabupaten kota lain.

Dikatakan Wawan, saat ini pihaknya masih merencanakan aksi kebersihan untuk citarum harum.

"Kita mah kerja tidak sombong tidak harus lapor, rencana aksi itu menyusun kegiatan-kegitan yang akan dilaksanakan," katanya.

Sementara, Danramil Karawang Kota Kapten Inf Beneami Hulu menyampaikan, pihaknya mempunyai agenda kebersihan yang sudah dilakukan sejak beberapa hari lalu hingga saat ini. Tujuannya agar Karawang bersih.

"Kita akan buat seperti kaya yang di Bandung, ini tahap kedua masuk ke Karawang untuk Citarum Harum," katanya.

Dari aparat pemerintah TNI dan Kepolisian serta warga, diharapkan bisa bersama-sama melaksanakan kebersihan. Sebab hampir setiap hari pihaknya TNI akan melakukan agenda kebersihan tersebut secara rutin.(bin)

Ikuti Terus Sumber Informasi Dunia di twitter@bintangnews.com