Pasukan Gabungan Pengamanan Pemilu 2019 Karawang Lakukan Simulasi - Sumber Informasi Dunia

Pasukan Gabungan Pengamanan Pemilu 2019 Karawang Lakukan Simulasi

Share This

KARAWANG, BINTANGNEWS.com – Aparat gabungan dari pasukan Bataliyon Infanteri (Yonif) para Raider 305 dan kepolisian daerah Karawang, menggelar simulasi pengamanan pemilu 2019, di kawasan Industri Karawang. Sebanyak 400 personil gabungan TNI-Polri dan pemerintah daerah dilibatkan kegiatan simulasi tersebut.
Sekneario yang di simulasikan petugas gabungan dari Yonif Para Raider 305, dan petugas kepolisian daerah Karawang, Jawa Barat, dan pemerintah setempat di kawasan Industri KIIC, dengan pengamanan keributan massa pendukung pasangan calon karena tidak terima hasil keputusan pemilu.

Dalam simulasi ini, massa pendukung pasangan calon yang tidak terima hasil keputusan KPU dalam melakukan perhitungan suara, seruduk kantor KPU.

160 personil bersenjata lengkap yang menjaga gedung KPUD Karawang pun seolah tidak membuat massa gentar, bahkan pihak kepolisian sempat menghalau massa dengan tembakan Gas Air mata, namun tak dapat menghentikan aksi massa tersebut.

Tak lama kemudian pasukan Yonif Para Raider 305 Tengkorak diterjunkan untuk membantu menangani pengendalian massa yang mengakibatkan kerusuhan di gedung kantor KPUD Karawang.

Meski sempat terjadi aksi saling dorong yang cukup sengit antara massa dan pasukan tempur TNI angkatan darat itu. Namun dalam hitungan menit, puluhan massa yang anarkis tersebut berhasil dilumpuhkan. 

TNI dengan sigap bisa mengendalikan situasi  dan berhasil mengamankan orang yang menjadi provokator dalam aksi unjuk rasa tersebut.

Menurut Komandan Yonif Para Raider 305 Tengkorak Telukjambe, Karawang, Mayor Fajar Akhirudin,” mengatakan,” kegiatan ini sebagai bentuk simulasi pengamanan jelang Pemilihan Umum (Pemilu) 2019, Legislatif dan Presiden, yang dilakukan TNI-Polri, Satpol-PP dan pemadam kebakaran.

Kegiatan ini Juga untuk meningkatkan sinergitas diantara komponen masyarakat dan bagaimana Standar Operasional Prosedur (SOP)  yang benar dalam melaksanakan pengamanan pada saat pelaksanaan pemilu 17 April mendatang,” tegas Mayor Fajar Akhirudin.

Dalam hal ini pihaknya siap melaksanakan pengamanan disetiap wilayah di Kabupaten Karawang. Apa yang diperlukan akan turut disiapkan oleh satuannya.(win)

Ikuti Terus Sumber Informasi Dunia di twitter@bintangnews.com


Post Bottom Ad

Pages