Kang Jimmy: Pencari Kerja Di Disnakerstrans Karawang Masih Dibayangi Calo - Sumber Informasi Dunia

Kang Jimmy: Pencari Kerja Di Disnakerstrans Karawang Masih Dibayangi Calo

Share This
KARAWANG, BINTANGNEWS.com - Para pencari kerja yang datang ke kantor Dinas Tenaga Kerja dan Transmigrasi (Disnakertrans) Kabupaten Karawang masih dibayang-bayangi calo. Praktik percaloan diduga masih terjadi di lingkungan Disnakertrans Karawang.
Wakil Bupati Ahmad "Jimmy" Zamakhsyari pada Senin (1/4) melakukan pengintaian atas dugaan praktik percaloan tersebut. Pengintaian dilakukan dengan berkeliling di sekitar kantor Disnakertrans.

Ia mengaku melakukan hal itu karena selama beberapa hari terakhir, beredar info kalau saat ini praktik percaloan dalam rekrutmen tenaga kerja masih terjadi. Banyak pencari kerja yang mengeluhkannya.

Dalam aksi pengintaian ini, tim dari wabup berbincang-bincang dengan sejumlah pencari kerja. Itu dilakukan untuk mengetahui calo yang beredar di sekitar kantor Disnakertrans yang kepalai oleh Suroto.

Tapi setelah dilakukan pengintaian selama sekitar dua jam, Jimmy tidak menemukan keberadaan calo. Justru masalah lain yang muncul, yakni tentang sistem rekrutmen tenaga kerja yang masih manual.

Dengan sistem rekrutmen manual, para pencari kerja dari wilayah Cilamaya, Rengasdengklok, Pakisjaya, Pangkalan hingga Cikampek harus datang ke kantor Disnakertrans Karawang yang jaraknya sangat jauh. 

Mereka datang jauh-jauh ke kantor Disnakertrans hanya untuk mencari informasi apakah hari ini ada lowongan pekerjaan atau tidak. Itu menjadi masalah karena setiap hari kantor Disnakertrans Karawang selalu dipadati para pencari kerja. 

"Hari ini kita belum dapat oknum calo tenaga kerja. Tapi hari ini kita tahu bahwa sebetulnya sistem satu pintu tenaga kerja di Disnaker itu belum efektif, karena masih menggunakan sistem manual.(bin)

Post Bottom Ad

Pages