Target Bawaslu Karawang, Hari Terahir Masa Tenang APK Harus Bersih - Sumber Informasi Dunia

Target Bawaslu Karawang, Hari Terahir Masa Tenang APK Harus Bersih

Share This

KARAWANG, BINTANGEWS.com – Di hari  terahir masa tenang pemilihan umum (Pemilu) Kabupaten Karawang. Satuan Polisi Pamongpraja (Satpol-PP) keluhkan pemasangan alat peraga kampanye (APK) yang kuatnya tidak seperti mencabut pohon singkong. Badan Pengawas Pemilihan Umum (Bawaslu) Kabupaten sebut Satpol-PP harus mempersiapkan diri sebelum terjun kelapangan.
"Hari ini hari terakhir (Penertiban) Jumlah ribuan tapi kita gak langsung data. Soalnya repot, jadi kita cabut bener partai APK dan BK ini bukan seperti nyabut singkong, itu ditali kuat-kuat paku panjang-panjang, jadi kita perlu waktu untuk nyabut itu," ungkap Kabid Trantibum Satpol PP Karawang Dadang Taufik, selasa (16/4), saat ditemui di Jalan Ahmad Yani.

Menurutnya, penindakan yang dilakukan Satpol-PP karawang, saat ini fokus menurunkan APK di Jalan protokol, baik yang berada di Karawang Barat, Karawang Timur dan jalan Interchange Karawang Barat.

"Kemarin sudah lumayan bersih, pasti ada tercecer satu ada dua itu yang kita antisipasi, kemarin saja hari pertama sebagai contoh minggu bergerak dari depan pemda, sampai jembatan citarum itu perlu waktu 4 jam, kesulitan kita, karena mereka ikat APKnya betul-betul kuat, tali dan kawat besar yang dipakai," ujarnya.

Kebetulan lanjut Dadang, hari ini (kemarin)  penyisiran saja yang dilakukan Satpol pp saat pagi-pagi sebelum apel. "Ini inisiatif karena dari sekian banyak pasti ada yang tercecer, karena kalau kita berjalan sendiri mau gak mau kita gunakan perda K3," paparnya.

Sementara itu ditempat terpisah. Ketua Bawaslu Karawang Kursin kurniawan mengaku, bergeraknya Bawaslu mengenai APK dan BK. "Kita bergerak bersama-sama, kita hanya membantu. APK itu ranah satpol PP kita hanya membantu tugas Satpol-PP," ujarnya.

Dengan banyak APK yang sejauh ini masih juga belum terlihat bersih di lapangan. Lanjut Kursin kalau APK yang menjulang tinggi kemarin saja sampai bekerjasama dengan PRKP untuk bawa cran.

"Makannya Stapol PP harus mempersiapkan segala sesuatunya di lapangan, apa itu bentuknya yang kuat keras,  Satpol PP harus memeprsiapkan dari sebelumnya. Kemarin kami masih lihat masih banyak dan sudah berkoordinasi agar APK dilapangan itu dibersihkan," terangnya.

Dan sangat jelas jika dihari tenang harus seteril dari APK. "Satpol-PP harus turunkan kita infokan agar diturunkan nanti kita bergerak bersama-sama dengan Panwas. Di aturan sudah jelas, yang namanya APK itu, yang pasang peserta, yang memelihara peserta dan yang menurunkan peserta pemilu, kalau sampai hari H masa tenang tidak diturunkan peserta pemilu wayahna kita buat rekomendasi dari Bawaslu ke Satpol pp untuk diturunkan semua dan jangan sampai ada yang tidak di turunkan semua jangan sampai ada yang tersisa cuma kan keterbatasan tenaga dan satu hari gak mungkin selesai," paparnya.(bin)

Ikuti Terus Sumber Informasi Dunia di twitter@bintangnews.com

Post Bottom Ad

Pages