Breaking News

Trump: Indonesia sebagai Mitra AS yang Penting


BINTANGNEWS.com – Presiden Amerika Serikat (AS), Donald Trump menyebut Indonesia sebagai salah satu mitra penting AS. Hal itu disampaikan Trump saat bertemu dengan Duta Besar Indonesia untuk AS, Mahendra Siregar.
Mahendra bertemu Trump untuk menyerahkan Surat-surat Kepercayaan yang sekaligus menandai secara resmi dimulainya masa tugasnya sebagai kepala perwakilan Indonesia di AS.

Dalam sambutannya saat pertemuan tersebut, Mahendra menyampaikan salam hangat dari Presiden Joko Widodo dan rakyat Indonesia kepada Trump dan rakyat AS. Salam hangat tersebut disambut baik oleh Trump, yang mengatakan bahwa Indonesia merupakan mitra strategis yang penting bagi AS dan menyampaikan salam hangatnya kembali kepada Jokowi dan rakyat Indonesia.

Mahendra dalam sambutanya menggarisbawahi berbagai kesamaan yang dimiliki oleh Indonesia dan AS, yaitu sama-sama sebagai negara demokratis dan majemuk yang menjunjung tinggi prinsip-prinsip dan penghormatan terhadap hak asasi manusia, toleransi, dan supremasi hukum. “Kesamaan ini menjadi salah satu faktor penting yang melandasi hubungan bilateral Indonesia dan Amerika Serikat,” tegas Dubes Mahendra.

Selain itu, pertemuan tersebut juga digunakan Mahendra untuk menegaskan kembali komitmen Indonesia untuk terus memperkuat hubungan kedua negara, yang pada tahun ini ditandai dengan perayaan 70 tahun hubungan diplomatik RI-AS.

“Dalam waktu tujuh dekade terakhir, banyak pencapaian penting yang telah diraih Indonesia dan AS. Indonesia berkomitmen untuk bersama-sama mengoptimalkan kerjasama kedua negara ke tingkat yang lebih tinggi," kata Mahendra yang dikutif Sindonews, seperti dikutip Sindonews dari laman resmi Kementerian Luar Negeri Indonesia pada Jumat (12/4).

“Faktor lain yang juga sangat penting dalam hubungan Indonesia dan AS adalah hubungan antara masyarakat Indonesia dan AS. Hubungan ini sudah terjalin jauh sebelum hubungan bilateral Indonesia dan AS resmi dimulai. Karena itu, salah satu prioritas saya adalah menjadikan hubungan ini sebagai salah satu penggerak utama dalam peningkatan hubungan bilateral Indonesia dengan AS," ungkapnya.(bin)

Ikuti Terus Sumber Informasi Dunia di twitter@bintangnews.com