Breaking News

Wakil Bupati Karawang Dialog Bersama Petani yang ”Terancam 2000 Hektar” Gagal Tanam


KARAWANG, BINTANGNEWS.com – Wakil Bupati Karawang, H. Ahmad Zamakshary yang akrab disapa Kang Jimmy, melakukan dialog langsung bersama para petani diantaranya di Desa Ciranggon, Kecamatan Majalaya, di desa Lemahmulya dan di Desa Bengle. Terkait keluhan para petani yang belakangan ini sekitar 2000 hektar sawah tehnik terancam gagal tanam tepat waktu akibat kekeringan.
Ancaman kekurangan air akibat dampak dari saluran irigasi yang sudah dangkal yang penuh dengan rumput Eceng Gondok, mengakibatkan sekitar 2000 hektar lahan sawah tehnik terancam gagal tanam yang tidak dengan tepat waktu.

Hal ini memang menyangkut nasib petani Karawang, karena kalau kita bicara nasib kaum petani di Kabupaten Karawang, rasanya tidak pernah basi, mulai gagal panen, akibat terserang hama wereng (puso), kebanjiran, maupun kini sebagian petani dipredisi kembali akan mengalami gagal tanam dengan tepat waktu akibat terancam kekeringan.

Keluhan ini bertentangan dengan filosopi nenek moyang petani Karawang,” hasil ngeuyeuk Dayeuh ngolah tanah, tumbuh subur daunnya, lebat berat buahnya, hamparan Padi menguning keemasa, dengan hasil bumi yang muncekil, inilah impian para petani kota lumbung Padi Karawang.

Panen raya yang ditunggu-tunggu, kini tibalah saatnya, pesta panenpun digelar karena ini merupakan hari kemenangan masyarakat petani Karawang.

Namun pertanyaannya, benarkah filosopi diatas itu masih dapat dinikmati dan masih relevan bagi petani Karawang, karena yang terjadi dilapangan saat ini, filosopi tersebut masih jauh panggang dari api.  

Dengan demikian, menurut Kang Jimmy selaku Wakil Bupati Karawang, kepada Bintangnews.com mengatakan, langsung melakukan dialog bersama para petani, diantaranya dengan para petani di Desa Ciranggon, Kecamatan Majalaya, di Desa Lemahmulya dan, di Desa Bengle, membahas tentang dampak dari saluran air dangkal yang penuh dengan rumput Eceng Gondok, akibatnya sekitar 2000 hektar lahan tehnik sawah terancam gagal tanam tidak tepat dengan waktu.

“Insya Allah saya hari Kamis besok akan langsung exsekusi membersihkan saluran Air turun langsung ka kali irigasi bersama petani demi antasivasi gagal tanam tersebut,” janji Kang Jimmy.(bin)

Ikuti Terus Sumber Infomasi Dunia Di Twitter @Bintangnews.Com