Iran Akhirnya Menarik Sebagian dari Kesepakatan Nuklirnya - Sumber Informasi Dunia

Iran Akhirnya Menarik Sebagian dari Kesepakatan Nuklirnya

Share This

BINTANGNEWS.com – Media PressTV berbahasa Inggris melaporkan,” Setelah menunggu satu tahun penuh, Iran akhirnya menarik sebagian dari Kesepakatan Nuklirnya pada 8 Mei untuk menyuarakan ketidakpuasannya atas UE  yang tidak peduli sanksi AS terhadap Iran.
8 Mei adalah hari yang diklaim oleh JCPOA atau Kesepakatan Nuklir Iran. Bukan dalam membuat kesepakatan, tetapi dalam menceraikannya. AS melakukannya pada 2018. Setahun kemudian pada hari yang sama, Iran yang kecewa sebagian mundur. Tetapi untuk balasan parsial ini, Iran diancam oleh Eropa Barat dan diboikot lebih lanjut oleh AS.

The JCPOA or 2015 Joint Comprehensive Plan of Action was signed between Iran and the P5+1, that’s the UN Security Council permanent members plus Germany. It was to limit Iran’s nuclear programme in return for lifting economic UN nuclear-related sanctions off that country. Iran fulfilled all of its commitments under the deal; however, the US government ditched the deal as soon as Trump came to power. The EU kept giving promises to compensate for the US’s sanctions but only in words as far as the US sanctioned Iran’s oil sales.

Akhirnya, setelah menunggu 1 tahun dari penarikan AS dari kesepakatan, Iranpun memutuskan untuk meninggalkan kesepakatan sebagian karena tidak melihat alasan untuk tetap dalam kesepakatan. Dalam mengumumkan penghentian sebagian Iran dengan perjanjian nuklir itu, Presiden Hassan Rouhani menetapkan batas waktu 60 hari untuk mendapatkan keringanan sanksi. Jika permintaannya tidak terpenuhi, katanya, dia akan melanjutkan pengayaan uranium ke tingkat yang lebih tinggi dari yang sekarang diizinkan berdasarkan kesepakatan nuklir.***

Continue  to follow the World Resources on twitter @ bintangnews.com

Editing: T.Bintang
Source:  Presstv.com

Post Bottom Ad

Pages