TMMD ke 105, Kodim 0604/Karawang Fokus Pada Desa Tertinggal - Sumber Informasi Dunia

TMMD ke 105, Kodim 0604/Karawang Fokus Pada Desa Tertinggal

Share This

KARAWANG, BINTANGNEWS.com – Konsekwensi TNI dalam keterlibatan melaksanakan pembangunan nasional merupakan suatu perubahan sosial, sebab pembangunan nasional bagi TNI diartikan sebagai pembangunan masyarakat seutuhnya.
Jauh sebelum lahirnya Program TNI Manunggal Membangun Desa (TMMD), kegiatan TNI sudah aktif sejak tahun 1980 an yang disebut program ABRI Masuk Desa (AMD) yang dicetuskan oleh Jend. M. Jusuf.

Dengan kata lain, peran TNI sebagai bagian partisipasi  dalam memaksimalkan potensi bangsa di daerah-daerah komunal di pedesaan yang jauh dari keramaian kota.

Kegiatan ini merupakan bentuk keterpanggilan nurani TNI sebagai dukungan pembangunan yang bersinergi dengan pemerintah daerah diwilayahnya masing-masing, melalui program percepatan pembangunan nasional hingga ke desa-desa di seluruh wilayah Indonesia.

Khususnya seperti di daerah terisolir, terpencil, daerah tertinggal, daerah perbatasan serta daerah yang terkena bencana, maka disanalah TNI harus hadir.

Sebab menurut perisif TNI, potensi desa adalah merupakan sumber penyuplai bahan-bahan baku pangan nasional serta sebagai sumber ketenagakerjaan, yang menunjang dalam rangka percepatan pembangunan nasional.

Maka tidak heran jika kini segenaf anggota Kodim 0604/Karawang, di semua distrik anggotanya dikerahkan demi manunggalnya TNI bersama rakyat, termasuk di Desa Pusakajaya Selatan, Kecamatan Cilebar, melalui program TMMD yang ke-105, tahun 2019,” inilah bagian dari modal TNI yang mendapat simpatik rakyat.

Sebut saja anggota Koramil 0409/Telagasari yang diberi tugas membangun rumah Emak Een secara gratis, warga Desa Pusakajaya Selatan, Kecamatan Cilebar, baik memasang dinding, maupun pemasangan atap genteng, semuannya hasil kerjak keras anggota TNI.

Menurut Komandan Koramil (Danramil) Talagasari, kepada Wartawan mengatakan,” dalam mengerjakan rumah Emak Een, selain dari anggota Koramil dan warga sekitar, kami juga mendapat bantuan dari anggota Bawah Kendali Operasi (BKO),” ujar Danramil.

”Rumah Emak Een saat ini masih dalam tahap proses, kontruksi masih terus berjalan hingga kini dalam pengerjaan pasang dinding dan pemasangan genteng atas,” terang Danramil.(bin)

Ikuti Terus Sumber Infomasi Dunia Di Twitter @Bintangnews.Com

Post Bottom Ad

Pages