Breaking News

HUT RI ke-74, Kereta Ki Jaga Raksa Purwakarta Kembali Membawa Bendera Pusaka di Istana Negara

PURWAKARTA, BINTANGNEWS.com - Kereta Kencana Ki Jaga Raksa kembali dipinjam pihak Istana Negara RI untuk membawa bendera pusaka pada peringatan HUT Kemerdekaan RI ke-74. 

Dengan demikian, Kereta tersebut sudah empat tahun secara berturut-turut Kereta Ki Jaga Raksa membawa bendera pusaka di Istana Negara.

Menurut Bupati Purwakarta, Anne Ratna Mustika mengatakan, Kereta Kencana Ki Jaga Raksa yang dipinjam pihak Istana Negara itu cukup membanggakan. Karena kereta kencana tersebut termasuk bagian dari ikon Purwakarta. 

Selain itu, ada juga seorang pelajar di Purwakarta yang masuk dalam Pasukan Pengibar Bendera Pusaka (Paskibraka) Nasional. Ia adalah siswa SMAN 1 Purwakarta, Fara El Diba.

"Kita turut berbangga apalagi khususnya untuk warga Purwakarta, empat tahun berturut-turut dipercaya apalagi ditambah dengan salah satu siswa menjadi anggota tim nasional paskibraka," ujar Anne.

Bupati yang akrab disapa Ambu ini menjelaskan, Kereta Kencana Ki Jaga Raksa memiliki filosofi yang cukup kuat, didesain dimasa kepemimpinan Dedi Mulyadi, mengambil tema tentang Jawa Barat bisa dilihat dari ornamennya.

"Dibuat masa kepemimpinan kang Dedi waktu itu, ornamennya tentang Jawa Barat," kan ada bentuk kujangnya," ujar Anne.

Bahkan rasa bangga pun disampaikannya, setelah pelajar siswa SMAN 1 Purwakarta, Fara El Diba terpilih menjadi anggota pasukan nasional pengibar bendera di Istana negara pada upacara peringatan HUT RI ke 74 nanti. 

Kereta Kencana Ki Jaga Raksa, sendiri mulai dipakai untuk membawa bendera pusaka sejak tahun 2015. Ketika itu bertepatan dengan kunjungan Presiden Joko Widodo ke Purwakarta. 

Untuk tahun ini adalah tahun ke empat kereta kencana yang mulai diperkenalkan kepada masyarakat Purwakarta sejak tahun 2014 lalu.

"Kereta akan diserahkan pada tanggal 9 Agustus dan dikembalikan ke kita pada 17 Agustus malam harinya," pungkasnya. (bin)