Breaking News

PT. Pertamina Mulai Menyalurkan Dana Kompensasi Bagi Warga Korban Tumpahan Minyak

KARAWANG, BINTANGNEWS.com - PT. pertamina mulai menyalurkan dana kompensasi bagi warga terdampak tumpahan minyak di Karawang Jawa Barat. Pemberian kompensasi tahap pertama sebesar Rp, 900 ribu per- bulan ini diberikan kepada 1.041 warga dari 10.271 warga yang terdampak.
Sebanyak 1.041 warga yang terdampak tumpahan minyak milik pertamina di desa sedari kecamatan Cibuaya Karawang jawa barat, mulai menerima dana kompensasi. Pemberian dana kompensasi tahap pertama ini diberikan secara simbolis oleh perwakilan pertamina dan Bupati Karawang Nelica Nurachdiana.
Pemberian dana kompensasi ini dihitung dari lamanya waktu akibat dampak dari tumpahan minyak. Per-bulan warga menerima dana kompensasi sebesar Rp,900 ribu rupiah.

Pemberian dana kompensasi ini akan diberikan secara bertahap kepada ribuan warga lainnya.

Data dinas perikanan dan kelautan Kabupaten Karawang mencatat, ada sebanyak 10.271 warga yang telah terverifikasi terdampak tumpahan minyak. Mereka tersebar di 20 desa di 9 kecamatan se Kabupaten Karawang.

Pertamina juga menargetkan pemberian dana kompensasi ini akan selesai diberikan kepada seluruh warga dalam waktu dua bulan kedepan.

Menurut Afif Saefudin, Direktur Pengembangan PHE pertamina, 
sementara memasuki bulan ke dua paska kebocoran pipa, tumpahan minyak milik pertamina masih mencemari peraiaran karawang jawa barat.

Hingga kini, pertamina terus berupaya menutup kebocoran pipa yang berada di lepas pantai perairan Karawang. Meski melebihi target waktu 14 hari sesuai perintah Gubernur Jawa Barat, namun pertamina menargetkan penutupan kebocoran pipa baru bisa selesai dalam waktu 6 bulan kedepan.(bin)