Breaking News

Sebanyak 21 Provinsi Ikuti Lomba Dayung POPNAS di Karawang

KARAWANG, BINTANGNEWS.com - Sebanyak 215 pelajar tingkat SMA dari 21 provinsi ikut dalam

lomba dayung POPNAS (Pekan Olahraga Pelajar tingkat Nasional) ke-15 di Situ (Danau) Cipule,
Karawang, Jawa Barat, 17-24 November 2019.

Kontingen tuan rumah Jawa Barat mengirim atlet terbanyak 21 orang, dan merupakan satu-satunya kontingen yang mengikuti seluruh nomor lomba, dalam upaya mempertahankan gelar juara umum dalam lomba dayung POPNAS XIV tahun 2017 di Danau Rawa Pening, Jawa Tengah. setelah berhasil meraih 4 medali emas, 5 perak dan 3 perunggu.



Lomba dayung POPNAS XV merebutkan 6 medali emas dari nomor dayung rowing, yaitu tunggal, ganda dan 4 pedayung tanpa pengemudi jarak 2.000 meter untuk putera dan puteri, serta 10 medali emas dari nomor dayung kano dan kayak, yaitu kayak 1, 2 dan 4 jarak 1.000 meter dan kano 1 dan 2 jarak 1.000 meter, seluruhnya untuk putera dan puteri.



Ke-21 provinsi yang ambil bagian adalah Aceh, Riau, Jambi, Sumsel, Banten, DKI Jakarta, Jawa Barat, Jawa Tengah, Jawa Timur, Kalimantan Barat, Kalimantan Selatan, Kalimantan Timur, Sulawesi Barat, Sulawesi Tengah, Sulawesi Tenggara, Sulawesi Selatan, Bali, Maluku, Papua, dan Papua Barat.



Situ Cipule adalah danau buatan di Desa Ciampel, Karawang,  yang merupakan bekas galian pasir yang menjadi genangan dengan luas area 75 hektar dan daratan 27 hektar.
Pada November 2011, Situ Cipule
digunakan sebagai arena lomba dayung SEA Games 2011.



Situ Cipule disebut sebagai Danau Toba-nya Kabupaten Karawang, karena di tengah danau terdapat sebuah pulau, yang disebut Pulau Cinta, mirip dengan anatomi danau di Sumatera Utara, sehingga menjadi salah satu obyek wisata yang cukup populer di Karawang.



Popnas XV semula akan dilaksanakan di Provinsi Papua, namun batal setelah Provinsi Papua mengembalikan mandat sebagai tuan rumah kepada Kemenpora RI, sebagai penyelenggara bersama BAPOPSI (Badan Pembina Olahraga Pelajar Seluruh Indonesia).(bin)