Breaking News

Daftar Hitam HAM PBB, Lebih 100 Perusahaan Pemukiman Israel di Atas Tanah Palestina


BINTANGNEWS.com – Sumber Media PressTV berbahasa Inggris melaporkan,”Israel telah menangguhkan hubungannya dengan Komisaris Tinggi PBB untuk Hak Asasi Manusia (HAM) Michelle Bachelet dalam reaksi kemarahan terhadap publikasi kantornya dari daftar lebih dari 100 perusahaan yang aktif tentang komplek pemukiman yang dibangun di atas tanah Palestina yang didudukinya.

Kantor menteri luar negeri Israel Israel Katz mengatakan pada hari Rabu bahwa ia telah memerintahkan "tindakan luar biasa dan keras" dalam menanggapi kantor Bachelet "melayani kampanye BDS," mengacu pada gerakan Boikot, Divestasi dan Sanksi sebuah kampanye internasional yang mempromosikan berbagai bentuk boikot terhadap rezim Tel Aviv sampai memenuhi kewajibannya di bawah hukum internasional.

Infuriated by settlement blacklist, Israel freezes ties with UN rights chief

It also noted that the Israeli foreign minister intends to protect the companies operating in the occupied territories.

Earlier on Wednesday, the Office of the UN High Commissioner for Human Rights (OHCHR) released a list of 112 companies that conduct business in Israeli settlements across the West Bank.

Of the entities listed, 94 are domiciled in the occupied lands and 18 in the US, France, the Netherlands, Luxembourg, Thailand and the UK.

Basis data tersebut membutuhkan waktu hampir empat tahun untuk diselesaikan, setelah diamanatkan dalam resolusi yang disahkan oleh Dewan HAM PBB pada tahun 2016.

Resolusi itu mendesak OHCHR untuk menghasilkan "basis data untuk semua bisnis yang terlibat dalam kegiatan spesifik terkait dengan pemukiman Israel di wilayah Palestina yang diduduki."

Perdana Menteri Israel Benjamin Netanyahu menolak daftar PBB sebagai karya "badan yang bias dan tidak berpengaruh."

“Alih-alih berurusan dengan hak asasi manusia, badan ini mencoba menghitamkan nama Israel. Kami menolak segala upaya seperti itu dengan syarat-syarat terkuat dan dengan jijik, ”katanya dalam sebuah pernyataan. "Siapa pun yang memboikot kita akan diboikot."

Palestine hails ‘victory for intl. law’

Palestinian officials, however, welcomed the release of the settlement blacklist.
In a post on his Facebook page, Palestinian Prime Minister Mohammed Shtayyeh said that his country would “pursue” the firms included in the UN list.

“We will pursue the companies listed in the report legally through international legal institutions and through the courts in their countries for their role in violating human rights,” he said.

He also called for the companies operating in the West Bank to immediately close their offices and branches there, saying they violated international law and UN resolutions.

“We will demand compensation for illegally using our occupied lands and for engaging in economic activity in our lands without submitting to Palestinian laws and paying taxes,” Shtayyeh added, suggesting that the companies could move to areas controlled by the Palestinian Authority to avoid potential retribution.

Selain itu, Sekretaris Jenderal Organisasi Pembebasan Palestina (PLO) Saeb Erekat menyebut daftar PBB itu merupakan anugerah bagi kredibilitas Dewan HAM PBB “dalam menghadapi serangan sengit dan tekanan kuat yang diberikan administrasi Trump pada lembaga-lembaga ini. ”

"Meskipun daftar ini tidak termasuk semua perusahaan yang mendapat untung dari perusahaan penyelesaian kolonial ilegal Israel di Palestina yang didudukinya, itu adalah langkah penting pertama untuk mengembalikan harapan dalam multilateralisme dan hukum internasional," katanya dalam sebuah pernyataan.

Daftar itu, ia menekankan, "harus berfungsi sebagai pengingat bagi masyarakat internasional tentang pentingnya memperkuat alat untuk menerapkan hukum internasional pada saat ketika ilegalitas permukiman Israel ditantang."

Menteri Luar Negeri Palestina Riyad al-Maliki juga memuji rilis daftar sebagai "kemenangan bagi hukum internasional."

Dalam sebuah pernyataan yang diposting di halaman Facebook kementerian, ia mendesak negara-negara anggota Dewan Hak Asasi Manusia PBB untuk mempelajari daftar itu dan memerintahkan perusahaan-perusahaan yang dikutip di dalamnya untuk menghentikan kegiatan mereka di permukiman Israel.

Demikian pula, Human Rights Watch menekankan bahwa basis data membantu bisnis mengakhiri "keterlibatan dalam pelanggaran hak" dan "harus memberi tahu semua perusahaan."

Daftar hitam "harus membuat semua perusahaan dalam pemberitahuan: untuk melakukan bisnis dengan pemukiman ilegal adalah untuk membantu dalam komisi kejahatan perang," kata Wakil Direktur Eksekutif untuk Advokasi HRW Bruno Stagno.

Saeed Abu Ali, Arab League assistant secretary general for Palestine and the occupied Arab territories, described the UN list as an important step towards supporting the Palestinians’ rights against the crimes committed by the occupying regime, especially the construction of settlements.

He further called on the international community to devise a mechanism to punish Israel and oblige the regime to respect international law.

More than 600,000 Israelis live in over 230 settlements built since the 1967 Israeli occupation of the Palestinian territories of the West Bank and East Jerusalem al-Quds.

Emboldened by US President Donald Trump’s all-out support, Israel has stepped up its settlement construction activities in defiance of United Nations Security Council Resolution 2334, which pronounced settlements in the West Bank and East Jerusalem al-Quds “a flagrant violation under international law.”

Much of the international community regards the Israeli settler units in the occupied lands as illegal.***

follow the World Resources on twitter @ bintangnews.com

Editing: T.Bintang
Source:  Presstv