Petani Karawang Berhasil Kendalikan Ancaman Puso dari Kemarau - Sumber Informasi Dunia

Petani Karawang Berhasil Kendalikan Ancaman Puso dari Kemarau

Share This

KARAWANG, BINTANGNEWS.com – Konsistensi Petani Karawang mendapat apresiasi dari Kementerian Pertanian (Kentan), dengan upaya kerasnya para petani, berhasil panen padi yang maksimal di musim kemarau panjang hingga kini tanpa adanya kasus puso.
Panen padi varietas Inpari 32 yang merupakan jenis Inbrida padi sawah irigasi tersebut hingga mencapai 10 ton per hektar, sehingga optimis mendongkrak angka produktivitas padi khususnya di Jawa Barat.

Produktivitas para petani Karawang harus kita apreasi dalam upaya meningkatkan kesejahteraannya guna mendongkrak peningkatan padi di Jawa Barat," kata Ketua Penanggungjawab Upaya Khusus Swasembada (Upsus) Provinsi Jawa Barat Banun Harpini kepada para petani saat panen raya padi sekaligus pencanangan penanaman budidaya kedelai pada Kelompok Tani Sri Rejeki II di Dusun Pundong Desa Pasirtanjung Kecamatan Lemahabang, Karawang.


Perum Jasa Tirta (PJT) II Jatiluhur juga perannnya sebagai suplai air yang cukup sepanjang tahun bagi kebutuhan petani sangatlah penting, karena keberhasilan para petani ini tidak lepas dari atas kerjasamanya yang baik,” Kata Banun.  

 Tapi ingat, para petani dan Tim Upsus di Karawang juga tetap harus selalu menjaga saluran irigasi secara telaten agar tidak mengalami penyumbatan dari segala bentuk sampah, karena meski suplai air yang cukup, jika aliran irigasi banyak tersumbat sampah maka, itu akan sia-sia,” terang Banun.

 "Dari data laporan pemerintah Provinsi Jawa Barat per 23 Agustus 2018, Karawang diketahui memiliki potensi kekeringan ringan sebanyak 215 hektar, dan ini terjadi karena adanya penyumbatan atau aliran irigasi yang tidak lancar," jelas Banun. "Petani dan dinas setempat harus gotong royong untuk menjaga saluran irigasi tersebut," sambungnya.(bin) 

Ikuti Terus Sumber Informasi Dunia di Twitter @Bintangnews.Com  


Post Bottom Ad

Pages