Breaking News

Rouhani: AS tak Mungkin Berani Serang Iran


BINTANGNEWS.com – Presiden Iran, Hassan Rouhani mengatakan, Teheran akan meningkatkan kekuatan militernya dan juga meluncurkan jet tempur baru. Pernyataan ini datang di tengah meningkatnya ketegangan
dengan Amerika Serikat (AS) dan dengan rival regional atas konflik di Timur Tengah.

Rouhani mengatakan, kecakapan militer Iran adalah alasan mengapa Washington takut menyerang Iran. Dia lalu menyebut, di bawah pimpinan Presiden Donald Trump, AS menjadi terisolasi, bahkan dari sekutunya sendiri.

"Kami harus membuat diri kami siap untuk melawan kekuatan militer yang ingin mengambil alih wilayah kami dan sumber daya kami," kata Rouhani dalam pidato yang disiarkan langsung di televisi pemerintah menjelang Hari Industri Pertahanan Nasional Iran.

"Mengapa AS tidak menyerang Iran? Karena kekuatan militer yang kita miliki, karena ia tahu konsekuensinya," sambungnya, seperti dilansir Reuters pada Selasa (21/8).

Dilansir Sindonews, Pekan lalu, Pemimpin Tertinggi Spritual Iran, Ayatollah Ali Khamenei juga mengatakan, AS akan menghindari konfrontasi militer dengan Teheran karena kekuatan militer Iran.

Hubungan antara Washington dan Teheran semakin memburuk setelah Trump pada Mei menarik AS  keluar dari kesepakatan internasional yang mengekang program nuklir Teheran sebagai imbalan atas pelonggaran sanksi ekonomi.

Trump berdalih bahwa kesepakatan itu cacat karena tidak membahas program rudal Iran atau keterlibatan Teheran dalam konflik di Suriah dan Yaman, dan dia telah menerapkan kembali sanksi ekonomi AS.(bin)  

Ikuti Terus Sumber Informasi Dunia di Twitter @Bintangnews.Com