Pemkab Karawang Sosialisasi Kerjasama Daerah Tahun 2018 - Sumber Informasi Dunia

Pemkab Karawang Sosialisasi Kerjasama Daerah Tahun 2018

Share This

KARAWANG, BINTANGNEWS.com – Pemerintah Kabupaten Karawang menggelar sosialisasi kerjasama daerah dengan daerah lain (KSDD) di Aula Resto Indo Alam Sari, Rabu (10/10/2018).
Asisten Daerah (Asda) 1 Setda Karawang Samsuri mengatakan kerjasama antar daerah akan menguatkan sinergitas kerjasama baik efektivitas, efisiensi, dan pelayanan publik yang saling menguntungkan. Apalagi, saat ini pemerintah telah mengeluarkan Peraturan Pemerintah (PP) Nomor 28 Tahun 2018 tentang Kerjasama Antar Daerah.

"Karawang telah banyak melakukan kerjasama dengan daerah lain. Hanya saja, selama ini dilakukan melalui instansi terkait," katanya.

Samsuri juga mengimbau para camat untuk lebih intens menjalin kerjasama antar wilayah. Menurut Samsuri, kerjasama antar wilayah bersifat wajib. Apalagi antar daerah yang berbatasan. "Kalau tidak kerjasama, kita dianggap tidak mampu," tururnya.

Samsuri mengimbau para Camat supaya jeli melihat peluang kerjasama. Bidangnya bermacam - macam misalnya pendidikan, kesehatan hingga infrastruktur. "Tapi tidak ujug - ujug kerjasama. Terlebih dahulu harus menempuh serangkaian tahapan, bukan hanya baru ada masalah, baru kerjasama," tuturnya.

Dengan terbitnya regulasi KSDD tersebut, kata Samsuri, kerjasama dengan daerah lain di Indonesia maupun dengan kota di negara lain akan  menguat dan membuka peluang untuk mempromosikan dan memasarkan potensi yang ada di Karawang, begitu juga sebaliknya.

"Misalnya jika sister city dengan negara lain akan mempermudah sektor ekspor. Sebab, regulasi ekspor bisa dipangkas," katanya.

Seperti diketahui, hasil laut Karawang saat ini terbilang unggul. Seperti kepiting tanpa cangkang yang telah diekspor ke luar negeri.

"Ada juga sifat. Tetapi selama ini baru perorangan. Ini sangat potensial jika dipasarkan dalam bentuk goverment to goverment," katanya.(win)

Ikuti Terus Sumber Informasi Dunia di twitter@bintangnews.coma


Post Bottom Ad

Pages