Diduga Praktek Pungli Kir di Dishub Karawang masih Terjadi - Sumber Informasi Dunia

Diduga Praktek Pungli Kir di Dishub Karawang masih Terjadi

Share This
KARAWANG, BINTANGNEWS.com - Praktik pungutan liar (pungli) dalam mengurus Uji KIR di lingkungan Dinas Perhubungan Kabupaten Karawang masih terjadi. Biasanya, praktik pungli terjadi melalui calo yang dilakukan oknum pegawai negeri sipil. 
Masih adanya praktik pungli di kantor Pengujian Kendaraan Bermotor (PKB) itu diakui Kepala Dinas Perhubungan Karawang Arief Bijaksana Maryugo.

"Pungli Uji Kir secara formal sudah saya larang, baik lisan maupun tertulis secara formal. Tapi saya tidak bisa mengawasi terus disana," kata Arief.

Tindak lanjut dirinya yang telah melarang bukan hanya saja kepada PNS untuk melakukan percaloan dalam Uji Kir, tapi aplikasinya sudah juga dilakukan kepada para petugas diPengujian. 

"Saya dari awal masuk sudah tegaskan dengan contoh adanya OTT di Disdukcatpil. Saya lebih keras lagi, Jumlahnya saya tidak tahu (Ambil Biaya Uji Kir), tapi katanya ada, makanya saya larang," ujarnya.

Untuk biaya Uji KIR kendaraan kecil paling besar dibawah Rp100 ribu dengan denda Uji KIR per enam bulan sekali paling 150 ribu.

(reff)

Ikuti Terus Sumber Informasi Dunia di twitter@bintangnews.com

Post Bottom Ad

Pages