JK: Pengangkatan Guru Honorer Tetap Lewat Tes - Sumber Informasi Dunia

JK: Pengangkatan Guru Honorer Tetap Lewat Tes

Share This

BINTANGNEWS.com – Wakil Presiden RI Jusuf Kalla menegaskan, pengangkatan guru honorer menjadi pegawai negeri sipil (PNS) tetap harus melalui tes. Adapun pemerintah pada tahun ini memberikan jatah PNS bagi guru honorer sekitar 120 ribu.
"Kalau lulus tes langsung jadi PNS, tidak ada yang langsung (jadi PNS), harus lewat tes," ujar Jusuf Kalla, dikutif Republika.co.id Sabtu (24/11).

Adapun pemerintah saat ini membuka skema Pegawai Pemerintah dengan Perjanjian Kerja (P3K). Melalui skema tersebut pemerintah berupaya menjadikan honorer setara dengan PNS. Pegawai honorer yang telah berusia 35 tahun ke atas, tidak dapat memenuhi syarat mengikuti seleksi CPNS. Namun dengan skema P3K tersebut tetap bisa jadi pegawai pemerintah setara PNS.

Guru honorer yang tidak memenuhi syarat tersebut dapat melalui seleksi P3K dengan kualitas tetap diutamakan. Cara tersebut dapat menjadi alternatif untuk menyelesaikan permasalahan kesejahteraan pegawai honorer.

"(Honorer) yang tidak lulus (mengikuti seleksi CPNS) itu ke situ (P3K), tapi harus ditingkatkan dulu dia punya mutu. Karena kalau tidak bermutu juga kasihan sekolahnya, kasihan anaknya (didiknya)," kata Jusuf Kalla.***

.(reff)

Ikuti Terus Sumber Informasi Dunia di twitter@bintangnews.com


Post Bottom Ad

Pages