Breaking News

Penertiban APK, Satpol PP Melakukan Patroli

KARAWANG, BINTANGNEWS.com - Wilayah perkotaan pangkal perjuangan menjadi fokus utama, Satuan Polisi Pamong Praja (Satpol PP) Kabupaten Karawang gubris alat praga kampanye (APK) caleg. Setiap melakukan patroli penurunan akan dilakukan.

"Jumlahnya banyak belum sempat kami hitung (APK diturunkan), kita fokus pada titik pemasangan, penertiban akan terus kita lakukan sambil patroli," ujar Kabid Trantibum Satpol PP Karawang Dadang, minggu (18/11).

Dadang mengatakan, sesuai dengan hasil rapat yang dilakukan anatara Satpol pp, Badan Pengawas Pemilihan Umum (Bawaslu) dan Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Karawang jika penertiban telah dilaksanakan sejak (15/11) kemarin. 

"Kalau yang sifatnya gabungan kita akan koordinasi dengan Bawaslu dan KPU, tentunya yang telah disepakati bersama," katanya.

Sementara Anggota Bawaslu Karawang, Roni Rubiat Muchri menyampaikan, sesuai hasil rapat. "APK yang menempel di pohon, ditiang listrik atau telepone dan berada didepan halaman tempat peribadatan, sekolah atau sarana pendidikan, kantor pemerintah dan sarana kesehatan agar dilakukan penertiban APK oleh kasi trantib setiap kecamatan," 

Kata Roni, seprti halnya aturan di PKPU 23 tahun 2018 pasal 78 ayat (2) Bawaslu dan panwascam berkoordinasi dengan satpol pp untuk penertiban. 

"Fokusnya sesuai dengan hasil rapat di satpol pp. Sampai kemarin masih ada panwascam yang melakukan penertiban," katanya. (bin)