Polres Karawang Segel Pabrik Pembuang Limbah Sabun - Sumber Informasi Dunia

Polres Karawang Segel Pabrik Pembuang Limbah Sabun

Share This
KARAWANG, BINTANGNEWS.com - Satreskrim Polres Karawang dan Dinas Lingkungan Hidup Kabupaten Karawang, telah lakukan penyelidikan dugaan tindak pidana bidang lingkungan hidup di PT K2 Industries Indonesia di Jalan Curug -Kosambi, Kecamatan Klari, Karawang.

Kapolres Karawang, AKBP Slamet Waloya mengatakan bahwa pihak Satreskrim Polres Karawang, telah melakukan penyelidikan salah satu perusahaan pembuat bahan baku deterjen dengan memasang Police Line diduga membuang langsung limbah cair hasil produksi tanpa melakukan pengolahan lebih dahulu dan langsung dibuang ke media lingkungan yang mengalir disaluran warga dan menimbulkan bau tak sedap.

"Penyelidikan ini berawal adanya informasi, sehingga kami langsung lakukan penyelidikan terhadap salah satu perusahaan yang membuang limbah cair," kata Slamet Waloya , Selasa (20/11) saat memberikan keterangan di lokasi .usai memasang Police line.

Dalam sidak di tempat pembuangan limbah , Kapolres Karawang saat penyelidikan, pihaknya menemukan adanya pembuangan limbah cair tanpa melalui proses IPAL, pembuangan sludge di media lingkungan dan diluar TPS B3 dan diketahui bahwa perusahaan tersebut tidak memiliki izin lingkungan, UKL/UPL l dan TPS B3.

"Hasil lab bersama dinas Lingkungan Hidup, air limbah yang mengalir ke media lingkungan tersebut, hasil PH air limbah dibawah baku mutu yaitu PH 5,7," tandasnya.

Akibat peruatannya, perusahaan pembuat bahan baku sabun tersebut dikenakan Pasal 98, Pasal 103, Pasal 104 dan Pasal 109 UU RI No. 32 Tahun 2009 tentang Perlindungan dan pengelolaan lingkungan hidup.

"Tindak pidana kepada pemilik perusahaan dipidana penjara 3 Tahun, dan denda maksimal Rp 1 milyar," pungkasnya. (bin)

Ikuti Terus Sumber Informasi Dunia di Twitter @Bintangnews.com

Post Bottom Ad

Pages