Breaking News

Seleksi Kompetensi Dasar CPNS 2018, Dibuat Oleh 18 Perguruan Tinggi


BINTANGNEWS.com – Deputi Sumber Daya Manusia Aparatur Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara Reformasi Birokrasi atau Kemenpan-RB, Setiawan Wangsaatmaja mengatakan, pihaknya telah mengevaluasi proses penerimaan CPNS 2018.
Proses seleksi tersebut sudah masuk tahap seleksi kompetensi dasar (SKD), berdasarkan data yang diterima Kemenpan RB dari panitia seleksi nasional. Tingkat kelulusan seleksi dasar para peserta hanya 10 persen.

"Prinsipnya kelulusan tahun ini sudah sampai saat ini, baru masuk 60 persen. Jadi, kami segera antisipasi ketika dalam hasil tes dari 60 persen kelulusan pemerintahan daerah masih di bawah 10 persen. Jika di Pemerintah Pusat masih di antara kisaran 10 persen. Kalau kita bicara angka, tentu saja tidak akan memenuhi SKD," ucap Setiawan di Kantornya, Senayan, Jakarta Selatan, Senin 12 November 2018.

Setiawan menilai, banyaknya peserta yang gagal dalam kompetensi dasar, karena kesulitan menjawab soal SKD CPNS yang dibuat oleh 18 perguruan tinggi negeri.

Selain itu, untuk seleksi di dalam tingkat kementerian banyak peserta yang gagal mengikuti ujian kategori tes karakteristik pribadi, tes kecerdasan umum, dan tes wawasan kebangsaan.

"Tipe soal memang terbilang sulit, memang karena Kemenpan-RB ingin mendapatkan yang terbaik," katanya yang dikutif Viva.co.id.***

.(reff)

Ikuti Terus Sumber Informasi Dunia di twitter@bintangnews.com