Breaking News

Jelang Hari Natal dan Tahun Baru, BNN Karawang Gelar Tes Urine Sopir Bus


KARAWANG, BINTANGNEWS.com – Untuk mencegah terjadinya penyalahgunaan narkoba dan penunjang keselamatan penumpang, puluhan Sopir Bus Angkutan Kota Antar Provinsi di tes urine, oleh Badan Narkotika Nasonal Kabupaten Karawang (BNNK).
Kepala BNNK Karawang, AKBP M Yulian, mengatakan,” kegiatan ini merupakan salah satu program BNNK Karawang, dalam upaya preventif. Guna untuk mencegah kecelakaan lalu lintas yang disebabkan human error.

“Tes urine ini dilakukan kepada sopir dan kondektur, bertujuan untuk mencegah terjadinya penyalahgunaan narkoba dan penunjang keselamatan penumpang bus,” ungkapnya.

Lanjut Yulian, dimana sopir bus dilarang keras memakai narkoba. Sebab, hal itu sangat membahayakan sehingga dapat memicu kecelakaan. Selain itu juga untuk mengantisipasi terjadinya peredaran narkoba yang dilakukan pengiriman paket lewat bus.

“Dari hasil pemeriksaan tes urine, sejauh ini masih belum ditemukan sopir yang menggunakan narkoba atau semua masih negatif. Kalau nantinya sopir ada yang positif, akan dilakukan periksa lebih lanjut,”  jelasnya.

Dilakukan pemeriksaan supaya mengetahui apakah sopir ini pengedar atau pengguna. Kalau pengguna, nantinya kita lakukan rehabilitasi untuk penyembuhan. Tes urine ini diperlukan agar keselamatan penumpang dapat terjamin dengan baik. Apalagi mereka selalu berada di jalanan dan membutuhkan tenaga yang kuat.

“Untuk kali ini tes urine, kami menargetkan sekitar puluhan sopir di Terminal Klari yang akan melakukan perjalanan jauh. Nantinya kami juga akan terus melakukan tes urine sejumlah tempat lainnya,” jelasnya.

Salah seorang sopir yang ikut menjalani tes urine, Nur Salim menambahkan, dirinya setuju dengan adanya tes urine ini. "Ya saya setuju, karena ini untuk keselamatan juga. Jadi saya juga tahu kondisi kesehatan saya seperti apa," tuturnya.

Salim juga meminta para sopir bus lain agar beristirahat, bila merasa letih dan tidak memaksakan mengendarai bus bila sedang kurang sehat.(bin)

Ikuti Terus Sumber Informasi Dunia di twitter@bintangnews.com