Breaking News

Aipda Saperio, Hina Nabi Muhammad Divonis 30 Bulan Penjara


BINTANGNEWS.com – Majelis hakim Pengadilan Negeri Kisaran, Asahan, Sumatera Utara, menjatuhkan hukuman kepada oknum polisi bernama Saperio Sahputra Parangin-angin Pinem (41) selama 30 bulan penjara. Anggota Polri berangkat Aipda itu terbukti bersalah melakukan tindak pidana dengan memposting penghinaan terhadap Nabi Muhammad SAW di akun Facebook pribadinya.
Selain hukum penjara, majelis hakim yang diketuai oleh Efian itu juga menjatuhkan hukuman tambahan berupa denda sebesar Rp1 miliar. Bila tidak membayar, digantikan dengan hukuman penjara selama 6 bulan.

"Menyatakan terdakwa Saperio Sahputra Parangin-angin Pinem tersebut di atas telah terbukti secara sah dan meyakinkan bersalah telah melakukan tindak pidana dengan sengaja dan tanpa hak menyebarkan informasi yang ditujukan untuk menimbulkan rasa kebencian atau permusuhan individu dan/atau kelompok masyarakat tertentu berdasarkan atas suku, agama, ras, dan antargolongan (SARA) sesuai dakwaan alternatif pertama," kata Efian, yang dikutif Viva.co.id Rabu, 23 Januari 2019.

Dalam nota putusan majelis hakim menyebutkan, personel Polres Asahan ini dinyatakan terbukti melakukan perbuatan yang diatur dan diancam dengan Pasal 45A ayat (2) Undang-Undang RI Nomor 19 Tahun 2016 tentang Perubahan atas Undang-Undang RI Nomor 11 Tahun 2008 tentang Informasi dan Transaksi Elektronik.

Putusan majelis hakim tersebut lebih rendah dari tuntutan Jaksa Penuntut Umum, yang menuntut oknum polisi dengan hukuman selama 3 tahun dan denda Rp1 miliar subsider 6 bulan kurungan.(bin)

Ikuti Terus Sumber Informasi Dunia di twitter@bintangnews.com