Breaking News

Putin Bongkar Rahasia Mobil Presiden Kim Jong Un


BINTANGNEWS.com – Pertemuan Presiden Korea Utara Kim Jong Un dan Presiden Amerika Serikat Donald Trump di Vietnam 27-28 Februari 2019 nanti dapat dipastikan akan menegangkan. Pasalnya dua mobil Anti Peluru dan Bom untuk membawa kedua pemimpin telah stand by di Hanoi Vietnam.
Sejatinya banyak perbedaan Mobil kepresidenan untuk setiap negara, mulai dari Donald Trump, Presiden Rusia Vladimir Putin hingga Presiden Indonesia Joko Widodo. BACA: Bertemu Trump, Kim Jong Un Minta Mobil Bersertifikat Directive ERV 2010

Laporan News Week menyebut, Cadillac One terbaru yang mengantar Presiden Trump dibekali perangkat medis, seperti tabung oksigen dan kantong darah sesuai golongan darah sang presiden. Ada pula lemari pendingin untuk menyimpan makanan dan mi numan kegemaran kepala negara.

Di dalam mobil itu, tertanam telepon satelit yang menghubungkan presiden dengan wakil presiden dan gedung Pentagon. Teknologi andalan lainnya yang terpasang di Cadillac Beast, yakni night-vision camera yang diletakkan di bagian depan mobil.

Kamera tersebut dapat menangkap situasi jalanan dalam kondisi sangat minim cahaya. Teknologi ini dipasang untuk mengantisipasi jika terjadi huru-hara atau bencana yang mengakibatkan pandangan sopir terhalang.

Itulah mengapa pembuatan Cadillac One The Beast butuh waktu lama. Trump butuh waktu hampir dua tahun untuk mengendarai mobil baru. Presiden Rusia Vladimir Putin lebih lama dalam menanti mobil kenegaraan Rusia, Aurus Senat. BACA: Vietnam Percayakan FJR1300 Kawal Donald Trump dan Kim Jong Un

Wacana pembuatan mobil kenegaraan Rusia sudah dimulai sejak 2010. Presiden Rusia waktu itu Dmitry Medvedev, menginginkan agar Rusia tidak menggunakan mobil buatan negara lain sebagai mobil kenegaraan. Hal itu dirasakan juga oleh Putin yang menggantikan Medvedev sebagai presiden Rusia.

Bedanya, Medvedev menginginkan mobil kenegaraan dibuat oleh perusahaan automotif Rusia, ZIL dan eksklusif hanya untuk presiden Rusia. Putin sebaliknya ingin membuat sebuah mobil kenegaraan yang tidak hanya dipakai oleh presiden Rusia, tapi juga masyarakat umum.

Putin ingin membuktikan bahwa produk automotif Rusia tidak kalah dengan mobil-mobil mewah buatan negara lain. Putin kemudian meminta para ahli mesin dari NAMI-lembaga riset mesin dan teknologi kendaraan di Rusia untuk mewujudkan mobil tersebut dengan nama proyek, Project Kortezh.

Sejak pertama kali digagas pada 2010, baru pada Juni 2018 Putin pamer mobil kenegaraan bernama Aurus Senat tersebut saat inaugurasi presiden Rusia dan saat Pangeran Abu Dhabi Mohammed bin Zayed Al Nahyan berkunjung ke Moskow.

“(Mobil) ini sangat nyaman,” komentar Pangeran Abu Dhabi yang akrab disapa MbZ saat menjajal kursi penumpang Senat Aurus Kortezh, dikutip Russia Today. Kehadiran Senat Aurus mencetak sejarah baru untuk Rusia.

Limusin tersebut men jadi kendaraan kepresidenan pertama yang dibuat oleh insinyur dalam negeri setelah Uni Soviet berakhir. Mobil ini pun menjadi simbol kemajuan ekonomi Rusia dan tentu bernilai penting untuk karier politik Putin.

Seperti halnya mobil presiden Amerika Serikat, Aurus Senat juga dibentengi bodi berlapis baja yang mampu meredam peluru dan bom. Sementara sumber tenaga Aurus Senat berasal dari mesin bensin V8 4.400cc hibrida, yang mampu melepas tenaga dorong 590 dk.

Transmisi 9-percepatan dipasang untuk mendistribusikan tenaga dari mesin. Aurus menggandeng perusahaan automotif Jerman, Porsche, untuk memasok mesin mobil Putin. Sesuai keinginan Putin, NAMI sendiri akhirnya merilis Aurus Senat versi massal pada Agustus lalu.

Meski tidak memiliki spesifikasi keamanan yang sama dengan Aurus Senat milik Putin, kini setiap orang bisa merasakan kenyamanan yang dirasakan oleh Putin saat mengendarai mobil tersebut.

Selain Trump dan Putin, sejumlah merek mobil menjadi andalan mobil-mobil pemimpin negara lainnya. Misalnya Ratu Elizabeth II dari Inggris, menggu nakan Bentley State Limousine yang kabarnya menjadi mobil petinggi negara dengan harga paling mahal di dunia.

Perdana Menteri Inggris pun menggunakan Jaguar XJ Sentinel sebagai mobil operasionalnya. Mobil telah dilengkapi dengan lapisan antipeluru. Bodi mobil terbuat dari kerangka baja yang paling kuat.

Yang lain, Presiden China Xi Jin Ping menggunakan Hongqi L5. Merek Hongqi sudah menjadi kendaraan dinas presiden China sejak 1960-an. Adapun Perdana Menteri Jepang memilih Toyota Century Royal sebagai kendaraan operasionalnya.

Mobil ini memiliki harga USD85.500 atau setara dengan Rp1,17 miliar. Para pemimpin Jerman mulai kanselir hingga politisi sudah bertahun-tahun menggunakan Mercedes-Benz S Class. Yang paling populer adalah varian Mercedes 300 ‘Adenauer’ dan versi yang dimelarkan ‘Pullman’.

Dilansir Sindonews, Mobil dinas kanselir ini memiliki harga USD174.890 atau Rp2,41 miliar. Bagaimana dengan Presiden Joko Widodo (Jokowi)? Presiden Jokowi menggunakan Mercedes-Maybach S600 Pullman Guard untuk mobil ke negaraan. Mo bil yang dipakai ini merupakan warisan dari era presiden sebelumnya, Susilo Bambang Yudhoyono (SBY).

Mobil RI-1 ini menggunakan mesin 6 liter berkonfigurasi V12. Mercy ini dalam kondisi normal bisa dipacu hingga lebih dari 200 kilometer per jam. Mobil itu dilapisi peranti ke amanan baja tahan pe luru dan bahan peledak ri ngan.

Mobil juga dilengkapi ban run-flat Michelin PAX 245-700 R470, yang tetap bisa berjalan sejauh 60 kilometer tanpa udara. Tangki bahan bakar berkapasitas 90 liter dan sistem pemadam kebakaran otomatis yang mampu mengunci penyebaran api juga terpasang di tubuhnya.(bin)

Ikuti Terus Sumber Informasi Dunia di twitter@bintangnews.com