Breaking News

Warga Tionghoa Karawang, Rayakan Tahun Baru Imlek di Hotel Mercure


KARAWANG, BINTANGNEWS.com – Warga keturunan Tionghoa Karawang, merayakan acara puncak Tahun Baru Imlek 2019, yang jatuh pada hari ini Selasa (5/2/2019) cukup meriah di Hotel  Mercure, Karawang.
Tahun bari Imlek yang di rayakan oleh komunitas masyarakat Tionghoa atau keturunan China Karawang, di Hotel  Mercure, yang dihadiri oleh Bupati Karawang dr Hj, Cellica Nurrachadiana, Selasa (5/2/2019).

Sejumlah warga keturunan Tionghoa Karawang, bergegas berdatangan dalam acara Imlek yang jatuh pada 16 februari 2019, di Hotel Mercure, Karawang, yang diiringi oleh lagu khas komunitas masyarakat Tionghoa, Gong Xi Fa Cai.

Menyambut acara puncak perayaan tahun baru Imlek 2019, kali ini tampak cukup meriah. Mulai acara pembukaan, laporan ketua panitia, sambutan ketua Kementrian Agama, atau sambutan ketua Forum Kerukunan Umat Beragama Karawang (FKUB), kemudian sambutan Bupati Karawang, dr Hj, Cellica Nurrachadiana, yang selanjutnya dilakukan do’a bersama.

Perayaan Imlek keturunan Tionghoa Karawang, juga tidak luput dari Tarian Kipas dari Vihara SAG Rengasdengklok, Line dance GBI karawang, Wushu dari Makin, Tarian dari GBI karawang, paduan suara dari VBG, Tari kolaborasi Jaipong, Cu Pa Kai Cari jodoh, Run Way, Nyanyi Saudara Aai, Duet Aai dan Lili, Flash Mob dari VGB, Lempar Boneka, Door prize utama dan, selesai.

Dalam perayaan Imlek, juga kalimat 'Gong Xi Fa Cai' kerap diucapkan dan sering didengar, bahkan tak sedikit pula yang menganggap bahwa kalimat Gong Xi Fa Cai itu, artinya selamat tahun baru Imlek, namun kalimat tersebut, di versi lain ternyata memiliki arti yang berbeda.

Menurut bahasa Mandarin, kalimat 'Gong Xi Fa Cai' yang sejak beberapa abad lalu itu adalah, lebih kepada ucapan pemberian selamat kepada para penduduk China untuk merayakan berlalunya dari cuaca ekstrim musim dingin yang pada saat itu luar biasa dahsyatnya.

Selanjutnya, ditambahkan kata "Fa Chai" (sejahtera/makmur). Ucapan inilah yang sekarang lebih banyak terdengar pada komunitas masyarakat Tionghoa di seluruh dunia ketika merayakan tahun baru Imlek. "Arti Gong Xi Fa Cai” bukan selamat tahun baru, tapi selamat berbahagia dan kaya raya. Dengan penjelasan tersebut, arti Gong Xi Fa Cai merupakan do’a agar mendapat kekayaan yang semakin melimpah.(bin)

Ikuti Terus Sumber Informasi Dunia di twitter@bintangnews.com