Breaking News

Amerika Tuding Palestina Membuat Krisis Baru dengan Israel


BINTANGNEWS.com – Amerika Serikat (AS) menuduh Palestina membuat krisis dengan menolak transfer pajak bulanan pertama 2019 dari Israel. Palestina menolak pengiriman uang pajak itu, setelah Israel memangkas sebagian yang ditujukan untuk dukungan keuangan kepada keluarga militan yang dipenjara di Israel.
Berbicara di pertemuan tertutup Dewan Keamanan (DK) PBB, yang digelar atas permintaan Kuwait dan Indonesia, Utusan Khusus AS untuk Timur Tengah, Jason Greenblatt mengatakan, penolakan uang pajak ini adalah upaya lain dari Palestina untuk menciptakan krisis baru dengan Israel.

"Sama sekali tidak tepat untuk berfokus pada Israel sebagai sumber krisis ini. Adalah Otoritas Palestina yang telah memilih untuk membuat krisis saat ini,” kata Greenblatt, seperti dilansir Al Arabiya pada Minggu (10/3).

Seperti yang dilansir Sindonews diketahui, di bawah perjanjian sementara, Israel mengumpulkan pajak atas impor ke Tepi Barat yang diduduki Israel dan di Jalur Gaza dan melakukan transfer bulanan dari Otoritas Palestina.

Menurut Kementerian Keuangan Palestina, transfer pajak mencakup sekitar setengah dari anggaran Otoritas Palestina.Pada 17 Februari, Israel mengumumkan pembekuan sekitar 5 persen dari uang yang mempengaruhi pemberian dana yang diberikan Otoritas Palestina kepada keluarga militan Palestina yang terbunuh atau dipenjara oleh Israel.(bin)

Ikuti Terus Sumber Informasi Dunia di twitter@bintangnews.com