Breaking News

Rencana Putin akan Sambangi Jakarta Pertengahan 2019


BINTANGNEWS.com – Presiden Rusia, Vladimir Putin dilaporkan akan melakukan kunjungan ke Indonesia pada pertengahan tahun ini. Kunjungan Putin ini akan menjadi bagian dari Peringatan 70 Tahun Hubungan Bilateral Indonesia-Rusia yang akan jatuh pada tanggal 3 Februari 2020 mendatang.
Dalam pertemuan ke-3 Konsultasi Bilateral antar Kementerian Luar Negeri Indonesia dan Kementerian Luar Negeri Rusia, yang dipimpin oleh Dirjen Amerika dan Eropa Kemlu RI, Muhammad Anshor dan Deputi Menteri Luar Negeri Rusia untuk Kawasan Asia Pasifik, Igor Morgulov di Bali tengah pekan lalu, kedua pihak sepakat untuk bersama-sama mempersiapkan kunjungan Putin ke Indonesia, serta peluncuran Deklarasi Kemitraan Strategis Indonesia-Rusia pada saat Kunjungan Kenegaraan yang bersejarah tersebut.

Terakit dengan Peringatan 70 Tahun Hubungan Bilateral Indonesia-Rusia, kedua pihak juga menyepakati untuk menggelar sejumlah kegiatan yang akan berlangsung selamasetahun kedepan.

Menurut siaran pers Kemlu RI yang dikutip Sindonews pada Minggu (24/2), kegiatan yang dipersiapkan antara lain Sayembara Logo 70 Tahun Hubungan Bilateral, peluncuran perangko bersama, peluncuran buku sejarah dan dokumentasi.

Selain itu yang dikutif Sindonews, akan ada juga dialog antar media, seminat, bisnis forum, pertunjukan kebudayaan dan peresmian monumen peringatan. "Kegiatan tersebut akan banyak melibatkan partisipasi publik dan masyarakat dari berbagai kalangan di kedua negara," kata Kemlu RI.

Selain rencana Peringatan 70 Tahun Hubungan Bilateral, Kemlu Rusia juga menyepakati pembaharuan Plan of Consultation2020-2022, usulan Program Kebudayaan2019-2021, finalisasi Perjanjian Simplifikasi Visa, kelanjutan penerbangan langsung Rossiya Airlines Moskow-Denpasar dan rencana penerbangan Garuda Indonesia Denpasar-Moskow, dukungan untuk integrasi ekonomi Indonesia-EAEU, peningkatan jumlah beasiswa untuk mahasiswa serta pelajar Indonesia dan Rusia, dan peningkatan kerja sama kedua negara dalam kerangka DK-PBB.(bin)

Ikuti Terus Sumber Informasi Dunia di twitter@bintangnews.com