Breaking News

Ribuan Pedemo di May Day 2019 Buruh di Berbagai Kota Tuntut Kesejahteraan


BINTANGEWS.com – Hari Buruh Internasional yang juga dikenal sebagai May Day 2019, diperingati ribuan buruh di berbagai kota di Indonesia dengan melakukan unjuk rasa.
Di Jakarta, puluhan ribu buruh dari berbagai organisasi melakukan pawai dan unjuk rasa di sepanjang Jalan Sudirman hingga di ujung Jalan MH Thamrin, di dekat patungkuda, Rabu (01/05).

Mereka menuntut peningkatan kesejahteraan buruh, antara lain dengan menghapuskan sistem kerja kontrak dan reformasi sistem jaminan sosial.

Sempat terjadi saling dorong antara kaum buruh dan aparat kepolisian di sekitar Bundaran HI, Jakarta. Ini terjadi ketika massa berusaha menuju arah Istana Merdeka, tetapi dihadang polisi.

Di Bandung, sempat terjadi kekerasan ketika aparat polisi membubarkan massa yang disinyalir bukanlah aktivisi buruh, tetapi bergabung dalam demo buruh di sekitar Gedung Sate.

Sejumlah laporan sempat terjadi kekerasan atas dua orang jurnalis foto dalam aksi itu oleh aparat kepolisian. Laporan ini belum mendapat klarifikasi dari kepolisian.

Selain menggelar unjuk rasa di jalan-jalan protokol, sebagian buruh yang tergabung dalam Konfederasi Serikat Pekerja Indonesia (KSPI) mengelar rapat akbar di Lapangan Tennis Indoor Senayan, Jakarta Pusat, yang dihadiri pula capres Prabowo Subianto.

KSPI meminta pencabutan Peraturan Pemerintah nomor 78 tahun 2015 tentang Pengupahan. Mereka meminta pula agar pemerintah merevisi Pasal 44 dan 45 di PP 78/2015 dengan memasukkan penambahan item Komponen Hidup Layak (KHL) yang menitikberatkan pada kualitas KHL, bukan kuantitas.

Dalam aksi-aksi lainnya di kota lainnya, para buruh menuntut penghapusan outsourcing dan pemagangan yang Berkedok Outsourcing.

Mereka juga menuntut peningkatkan manfaat jaminan kesehatan dan jaminan pensiun, serta turunkan tarif dasar listrik dan harga sembako.

Dan di Jakarta, sejumlah Jurnalis yang tergabung dalam Aliansi Jurnalis Independen (AJI) melakukan aksi pada saat peringatan Hari Buruh Internasional (May day) di depan Patung Kuba, Jakarta, Rabu (01/05).

Dalam aksinya AJI mengajak untuk seluruh Jurnalis bangkit melawan kekerasan, pemberangusan dan turbulensi industri media.

Sementara itu, sejumlah buruh mengikuti aksi Hari Buruh Internasional atau May Day di kawasan Patung Kuda, Jakarta, Rabu (1/5/2019).

Dalam aksinya mereka meminta pemerintah untuk mereformasi sistem jaminan sosial dan meningkatkan kesejahteraan buruh.

Sebagian besar unjuk rasa buruh menuntut adanya upah layak bagi para buruh, karena menganggap upah buruh masih dianggap rendah - bahkan tidak layak.

Mereka juga menyoroti kontrak jangka pendek, outsorching, sistem kerja buruh harian lepas yang disebutkan saat ini masih diberlakukan di sejumlah perusahaan.

Akibatnya, saat ini para buruh semakin kehilangan hak kepastian kerja dan kesejahteraannya.

Sejumlah buruh yang tergabung dalam Komite Aksi Perjuangan Buruh Nike melakukan unjuk rasa pada peringatan Hari Buruh Internasional di kawasan Patung Kuda, silang Monas, Jakarta Pusat, Rabu (01/05).

Mereka menuntut tanggung jawab Nike mencabut pesanan dari sejumlah perusahaan yang berimbas pada pemberhentian kerja 4.000 buruh.

Personel kepolisian berjaga di belakang kawat berduri saat peringatan Hari Buruh Internasional di Jalan Medan Merdeka Barat, Jakarta Pusat, Rabu (01/05).

Jalan Medan Merdeka Barat ditutup kawat berduri yang membuat buruh dari berbagai serikat pekerja tidak dapat melakukan long march menuju kawasan depan Istana Merdeka.

Seorang Jurnalis yang tergabung dalam Aliansi Jurnalis Independen (AJI) melakukan aksi pada saat peringatan Hari Buruh Internasional (Mayday) di depan Patung Kuba, Jakarta, Rabu (01/05).

Dalam aksinya yang dilansir BBC Indonesia, AJI mengajak untuk seluruh Jurnalis bangkit melawan kekerasan, pemberangusan dan turbulensi industri media.

Sejumlah buruh mengikuti gerak jalan dalam menyambut Hari Buruh Internasional di Stadion Pakansari, Bogor, Jawa Barat, Rabu (1/5/2019).

Dalam memperingati hari buruh sejumlah aliansi buruh merayakan dengan kegiatan positif dan mengambil tema "MayDay is Creative Day".

Peserta aksi dari sejumlah elemen buruh mengikuti aksi memperingati Hari Buruh di kawasan Patung Kuda Jakarta, Rabu (01/05).***
.(bin)

Ikuti Terus Sumber Informasi Dunia di twitter@bintangnews.com