Volume Sampah di Karawang Sejak Ramadhan Meningkat - Sumber Informasi Dunia

Volume Sampah di Karawang Sejak Ramadhan Meningkat

Share This
KARAWANG, BINTANG.com - Sejak memasuki bulan suci Ramadhan volume sampah di Kabupaten Karawang, meningkat hingga 10 persen dibandingkan dengan hari-hari biasa. Itu sebabkan oleh konsumsi masyarakat dan banyaknya pedagang dadakan selama Ramadhan.
Kepala UPTD Kebersihan Wilayah 1, Dinas Lingkungan Hidup (DLHK) Karawang, Luky Mantera mengatakan, peningkatan volume sampah saat bulan ramadhan sudah menjadi tren dan pasti akan terjadi.

"Pada hari biasanya sampah mencapai 352 ton per hari, sementara untuk bulan puasa ini volume sampah mencapai 380-390 ton per hari dan peningkatan sampah didominasi oleh sampah sisa makanan," katanya, Kamis (16/5).

Dikatakan Lucky, pihaknya harus bekerja ekstra karena harus beberapa kali melakukan pengangkutan sampah khususnya di wilayah pasar Karawang dan alun-alun Karawang yang menjadi pasar yang menjual jajanan khas ramadhan.

“Adapun kendala lain seperti kurangnya angkutan sampah, yang saat ini jumlahnya 44 mobil namun sebagian kondisinya kurang baik,” ujarnya.

Dia menambahkan, belum lagi persoalan pengangkut sampah swasta yang hanya mengangkut sampah ke TPS (tempat pembuangan sementara) dan tidak sampai ke TPA Jalupang. 

“Ujung-ujungnya sampah dari pengangkut sampah swasta itu kita (DLHK) juga yang angkut ke Jalupang,” katanya.

Kedepan DLHK akan memberlakukan program Zona Bebas Sampah di sejumlah titik ruas jalan perkotaan terutama dikawasan niaga seperti jalan Ahmad Yani, tuparev, Kertabumi, dan Arif Rahman Hakim.(bin)

Post Bottom Ad

Pages