Breaking News

Bupati Purwakarta: Tangkal Pengaruh Luar, Kuatkan Budaya Lokal

PURWAKARTA, BINTANGNEWS.com - Penguatan kultur budaya diterapkan di Kabupaten Purwakarta. Itu dilakukan untuk menangkal perkembangan paham dari organisasi terlarang, terutama di kalangan generasi muda.

Bupati Purwakarta Anne Ratna Mustika, mengatakan kalau kultur tersebut nantinya bisa bertransformasi menjadi perilaku dalam kehidupan warga masyarakat sehari-hari.

“Kalau tidak ingin paham ini tumbuh subur, maka jati diri kultur kita harus diperkuat sejak usia dini, jadi akarnya akan kuat,” katanya.

Ia tidak membantah kalau saat ini di daerahnya sudah terdeteksi keberadaan organisasi yang merusak paham tertentu. Jadi ke depan perlu ada proteksi, khususnya bagi anak-anak. Supaya, mereka tahu mana organisasi-organisasi yang dianggap bertentangan dengan ideologi Indonesia.

”Jadi harus diberitahu sejak dini, ini loh organisasinya, seperti ini lambangnya. Jadi, mereka nanti bisa memproteknya," kata Anne.

Bupati yang biasa disapa dengan Ambu Anne, menjelaskan kalau salah satu tamengnya, yakni dengan menguatkan kembali kultur budaya dan kearifan lokal.

Seperti dengan menguatkan pendidikan yang menitikberatkan pada pelajaran supaya mereka cinta terhadap lingkungannya, cinta terhadap alamnya, dan sesamanya.

“Kearifan budaya lokal seperti ini yang harus dipertahankan dan dikuatkan. Sehingga, nanti kalau ada paham yang masuk tidak sesuai dengan kultur kita, itu mereka bisa menangkal sendiri,” ujarnya.(bin)