Breaking News

HUT RI ke 74, 14 Warga Binaan Lapas Klas II A Karawang Dapat Remisi Bebas

KARAWANG, BINTANGNEWS.com  - Sebanyak 14 warga binaan di Lapas Klas II A Kab. Karawang direncanakan mendapat remisi bebas langsung pada peringatan Hari Kemerdekaan Republik Indonesia ke-74 tahun di Lapangan Lapas, Sabtu (17/08/2019).
Kalapas Iskandar Irianto Basuki menjelaskan, secara keseluruhan pada momentuk itu, terdapat 602 warga binaan di lembaga pemasyarakatannya yang diusulkan mendapat remisi.

Ke-602 warga binaan yang diusulkan mendapat remisi dianggap telah memenuhi persyaratan administratif maupun substantif agar mendapat remisi. Mereka akan diberikan remisi yang bervariasi dari mulai satu bulan hingga empat bulan.

lanjut iskandar, dasar hukum untuk mendapatkan remisi yaitu :
1. Undang-undang RI  No. 12 Tahun 1995 tentang Pemasyarakatan.
2. PP No. 99 Tahun 2012 tentang Perubahan kedua atas peraturan pemerintah No. 32 tahun 1999 tentang syarat dan tata cara  pelaksana hak warga binaan pemasyarakatan.
3. Kepres RI No  174 Tahun 1999 tentang Remisi.
4. Peraturan Kemkumham RI No. 3 tahun 2018 tentang syarat dan tata cara pemberian remisi, asimilasi, cuti mengunjungi keluarga, pembebasan bersyarat, cuti menjelang bebas dan cuti bersyarat.

Dalam setiap tahun tentu adanya pemberian remisi dan untuk remisi hari kemerdekaan ini masuk kategori remisi umum," Ujar Iskandar saat dijumpai di ruangannya.(guh)