Breaking News

Karawang Bakal Membangun Bendungan untuk Atasi Bencana Kekeringan

KARAWANG, BINTANGNEWS.com - Pemerintah Kabupaten Karawang berencana akan mencarikan solusi permanen untuk menyelesaikan bencana kekeringan, pada tahun 2020 nanti, Pemkab bakal membangun bendungan skala sedang untuk wilayah Kecamatan Tegalwaru dan Pangkalan.

Kepala Bappeda Eka Sanatha  menyebutkan jika pihak pemerintah akan melobi Pemerintah Provinsi Jawa Barat untuk membangun bendungan skala sedang di Tahun 2020.

"Tetapi sesuai arahan Pak Sekda. Jika usulan tidak diterima oleh Pemerintah Provinsi. Kita akan tetap membangunnya dengan APBD Karawang,"katanya.

Pemerintah daerah sendiri belum memastikan lokasi pasti bendungan akan dibangun dimana. Menurutnya, pemerintah masih mencari lokasi yang tepat, dimana bendungan tetapi memiliki sumber air yang melimpah kendati musim kemarau tiba.

Hal tersebut dilakukan dari pengalaman pemerintah daerah yang membangun bendung waru di Tegalwaru, yang ternyata ketika kemarau sumber air tidak mencukupi.

"Karena kita juga belajar dari pengalaman sebelumnya. Bendungan sebelumnya ini justru surut dan airnya tidak mencukupi," katanya.(bin)