Breaking News

Bupati Karawang, Sambut Baik Program Proyek Kereta Cepat

Ilustrasi foto
KARAWANG, BINTANGNEWS.com - Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Karawang menyambut baik usulan Commuter Line atau Kereta Rel Listrik (KRL) sampai Karawang yang direspon Menteri Perhubungan Budi Karya.
"Kami menyambut positif itu (usulan) direspon," ujar Kepala Badan Perencanaan Pembangunan Daerah (Bappeda) Karawang Eka Sanata, Jumat (16/8/2019).

Sebab, hal tersebut akan memudahkan transportasi bagi masyarakat dari dan ke Karawang. Hanya saja, katanya, ada beberapa hal yang mesti disiapkan terkait perpanjangan lintasan KRL sampai Karawang, terutama soal  kesiapan rel kereta.

"Mungkin masih jauh (lama). Tapi kami mengapresiasi wacana tersebut," katanya.

Pemkab Karawang, kata Eka, sudah mengusulkan lintasan KRL sampai Karawang kepada Kementerian Perhubungan. Bahkan sudah berkomunikasi dengan Badan Pengelola Transportasi Jabodetabek (BPTJ).

"Kami usulkan itu, karena itu memudahkan masyarakat Karawang," katanya.

Rencananya minggu ini ia beserta Bupati dan Sekda Karawang akan bertemu Kepala BPTJ. Namun karena terbentur kegiatan Agustusan, bakal dijadwalkan ulang.

"Mudah-mudahan untuk membahas itu," katanya.

Ia menyebutkan menunggu akses KRL sampai Karawang, ada dua kereta jarak jauh yang juga berhenti di Stasiun Karawang. Bahkan, lima kereta lainnya akan menyusul berhenti di Stasiun Karawang. Menurutnya, ini bisa menjadi pilihan bagi masyarakat yang hendak bepergian dari dan ke Karawang dengan waktu yang cepat. 

"Saya sudah pernah coba. Dengan kereta waktu lebih terukur, apalagi kalau ada Commuter Line," katanya.

Sebelumnya, Menteri Perhubungan (Menhub) Budi Karya Sumadi mendapat usulan perpanjangan rute langsung dari Direktur Utama Kereta Commuter Indonesia (KCI) Wiwik Widayanti saat perjalanan ke Bekasi dengan Budi Karya menggunakan KRL, dari Stasiun Juanda ke lokasi peresmian Stasiun Metland Telaga Murni, Bekasi. Wiwik menyebutkan Karawang mengajukan KRL sampai kota Pangkal Perjuangan.

Budi Karya menyambut positif usulan itu. Namun, pihaknya masih perlu melakukan finalisasi fisik rel KRL menuju Karawang, yang ditargetkan dapat selesai pada akhir tahun depan.