Breaking News

HUT RI ke 74, 602 Warga Binaan Lapas Karawang Dapat Remisi, 14 Orang Bebas

KARAWANG, BINTANGNEWS.com – Sebanyak 602 warga binaan di Unit Pelaksana Teknis (UPT) Lembaga Pemasyarakatan (Lapas) Klas II A Karawang,  mendapat kado istimewa berupa remisi umum di hari kemerdekaan Republik Indonesia 17 Agustus 2019.
Dari 602 tersebut, 14 warga binaaan Lapas Kelas IIA Karawang langsung dinyatakan bebas .Kalapas Kelas IIA Karawang,  Iskandar Irianto Basuki menerangkan  sebanyak 602 warga binaan lapas Karawang mendapatkan kado istimewa remisi umum dihari Kemerdekaan RI ke 74, dari jumlah tersebut 14 warga binaan langsung bebas menghirup udara segar.

“Ada sekitar 602 warga binaan mendapatkan remisi umum,  14 diantaranya langsung bebas, “kata Iskandar,  Sabtu (17/8) usai Upacara Kemerdekaan RI ke 74, di Lapas Karawang.
Kalaps menjelaskan, remisi umum  warga binaan sebanyak 602 orang terdiri dari yang mendapat pengurangan tahanan selama satu bulan sebanyak 129 orang, dua bulan sebanyak 113 orang, tiga bulan sebanyak 120 orang dan empat bulan sebanyak 117 orang.
“Remisi umum diberikan pemerintah mulai dari satu bulan hingga empat bulan, ” jelasnya.
Ia mengatakan remisi dimaknai sebagai apresiasi negara terhadap WBP yang telah berhasil menunjukkan perubahan perilaku, memperbaiki kualitas dan meningkatkan kompetensi diri dengan mengembangkan keterampilan untuk dapat hidup mandiri, serta menumbuhkan dan mengembangkan usahanya dalam rangka membangun perekonomian nasional.
“Melalui pemberian remisi ini diharapkan seluruh WBP selalu patuh dan taat kepada hukum atau norma yang ada sebagai bentuk tanggung jawab kepada Tuhan YME maupun sesama manusia,” kata Iskandar.
Iskandar menyebutkan program Revitalisasi Penyelenggaraan Pemasyarakatan sesuai dengan tema perayaan ke-74 Kemerdekaan Republik Indonesia, yakni SDM Unggul Indonesia Maju, di mana sama-sama memiliki fokus dalam upaya peningkatan SDM.
“Warga binaan ketika bebas diharapkan mendapat tempat ditengah masyarakat dan memanfaatkan ketrampilan yang didapat dari lembaga pemasyarakatan supaya berguna untuk orang banyak,” tandasnya.(bin)