Breaking News

Karang Taruna Garuda Berharap Ada Pos LBH di Desa Amansari

KARAWANG, BINTANGNEWS.com – Organisasi pemuda Karang Taruna Garuda desa Amansari kecamatan Rengasdengklok mendorong pemerintahan desa Amansari bisa menghadirkan pos bantuan atau klinik konsultasi hukum untuk masyarakat desa yang membutuhkan. 


Ketua Karang Taruna Garuda, Agus Ginanjar, SH, mengatakan hal tersebut dibutuhkan setelah menyerap suara aspirasi masyarakat tentang beragam jenis persoalan yang menyangkut ke dalam ranah hukum.

"Kami siap untuk memberikan konsultasi hukum secara cuma cuma bagi masyarakat ketika Pemdes Amansari siap menyediakan keinginan warganya," ucapnya kepada KBE, Senin (21/10).

Menurut pria yang berprofesi sebagai advokat ini, jikalau memang klinik konsultasi hukum ini bisa dihadirkan oleh Pemdes, dirinya dan rekan rekan siap untuk melayani berbagai urusan masyarakat yang kebetulan berkepentingan dengan hukum. 

"Bahkan, kita mah siap meskipun tanpa ada imbalan, terkecuali bantuan hukum dijalur litigasi,” jelasnya.

Dikatakannya, fakta hari ini, walaupun tiap tahun jumlah sarjana hukum bertambah, harus diakui masih banyak masyarakat negeri ini yang buta hukum. Akibatnya, ketika menghadapi masalah hukum mereka menggantungkan diri pada pihak lain yang lebih mengerti hukum. 

"Dengan kondisi seperti ini, program bantuan hukum buat masyarakat miskin, masyarakat berpenghasilan rendah atau masyarakat mampu yang belum melek dan sadar hukum menjadi kian terasa penting," ucapnya. 

“Dalam hal konsultasi hukum, misalnya melalui program bantuan hukum, masyarakat dapat mencari jawaban atas persoalan yang melilitnya secara cuma-cuma. Bila program bantuan hukum dapat terlaksana dengan baik, kelak masyarakat tidak hanya menikmati telpon dan SMS gratis, tapi juga konsultasi hukum gratis,” pungkasnya. (bin)