Breaking News

BKPSDM Karawang: Untuk Meningkatkan Disiplin, PNS Harus Ingat Kepada Fitrah


KARAWANG, BINTANGNEWS.com – Disiplin Pegawai Negeri Sipil (PNS) adalah sesuai kesanggupan PNS untuk menaati kewajiban dan menghindari larangan yang ditentukan dalam peraturan perundang-undangan, yang apabila tidak ditaati maka akan dijatuhi hukuman disiplin.

Pemberian sanksi disiplin terhadap ASN pada dasarnya sudah memiliki hukum yang jelas dan diatur ke dalam UU No. 5 Tahun 2014 tentang ASN khususnya pada pasal 33, serta PP 53 Tahun 2010 tentang Disiplin Pegawai Negeri Sipil.

Peran masyarakat juga sangat dibutuhkan oleh dinas Badan Kepegawaian dan Pengembangan Sumber Daya Manusia (BKPSDM).

Maka, "BKPSDM Kabupaten Karawang punya moto, ASN Geten (ASN lebih rajin). rajin dalam artian lebih paham, lebih menghayati, lebih mampuh melaksanakan setiap tufoksi. target tufoksi itu ada di PARE, ada SKP," ujar Dudi Alexsandri Kabid Kesejahtraan, Disiplin dan Kepangkatan BKPSDM Kabupaten Karawang, jumat (17/1).

Berdasarkan hasil data SIAP, saat ini ASN memang sudah mulai ada penigkatan dalam melaksanakan kewajibannya sebagai abdi negra. "Namun peran masyarakat untuk mengawasi ASN juga sangatlah diharapkan.

”Contoh, seperti Kasus kemarin soal mobil Dinas yang sempat ramai jadi pembicaraan publik, gara-gara mobil pejabat digunakan oleh anaknya yang bukan haknya, meskipun pada hari libur, tapi tetap kami mengacu pada aturan, dan tetap kami jatuhi hukuman disiplin, berupa sangsi Hukdis, dan itu juga kami dapat laporan dari masyarakat,”

Maka, kami terus selalu melakukan himbauan, baik secara formal maupun informal. "Namun demikian tetap kami berharap agar segenaf PNS harus sadar aturan, karena tidak mungkin BKPSDM dapat mengawasi yang jumlahnya 11.000 lebih ASN se Kabupaten Karawang.

Dan kami berharap, jika ada sesuatu sebelum ke BKPSDM mestinya  ditangani dulu di OPD masing-masing, karena OPD juga punya kewenangan masing-masing. " Dan memang yang harus lebih berfungasi, itu Pengawasan Melekat (Waskatnya) dari atasan langsung filosofi aturan disiplin seperti itu," pungkas Dudi.



.(bin)

Ikuti Terus Sumber Informasi Dunia di twitter@bintangnews.com