Breaking News

Lahan Pertanian Kota Lumbung Padi Karawang "Sebagian Nyaris Dilanda Banjir"

KARAWANG, BINTANGNEWS.com - Karawang yang dijuluki kota lumbung padi Jawa Barat, Terkepung banjir dibulan ke dua tahun 2020, nyaris sebagian wilayah Kabupaten Karawang dilanda banjir. 

Dari data Badan Penannggulangan Bencana Daerah (BPBD) Karawang, ada 14 Kecamatan yang mengalami banjir saat ini.

Diantaranya Kecamatan Kutawaluya, Jayakerta, Cilebar, Telukjambe Barat, Rengasdengklok, Tegalwaru, Pangkalan, Ciampel, Karawang Timur, Pedes, Karawang Barat, Cikampek, Telukjambe Tinur dan Kecamatan Cilamaya Wetan.

Dari 14 kecamatan tersebut sedikitnya ada 11,212 Kepala Keluarga (KK), 32,961 jiwa yang terkena dampak banjir. Sedangkan yang mengungsi ada 3.111 KK terdiri dari 9.514 jiwa. 

Untuk rumah yang terendam banjir sedikitnya ada 10.529 rumah.

"Kami dari Kodim bersama pemerintah daerah membantu menanggulangi banjir," ujar Dandim 0604 Karawang Letkol Inf. Medi Haryo Wibowo, Selasa (25/2).

Menurutnya, dari tadi pagi sampai saat ini Kodim sudah melakukan evakuasi. Diantaranya di Perumahan BMI Dawuan Tengah, Purwasari, dan Rengasdengklok. Di tiga daerah itu merupakan pengungsi terbanyak. 

"Saat ini kami akan mengadakan rapat koordinasi penanggulanganan bencana di kantor pemda agar segera melakukan langkah-langkah penanggulanganan banjir," katanya.

Dilanjutkannya, dari 12 koramil sudah ada 9 yang turun tangan. Meliputi 180 personil diturunkan untuk membantu penanggulanganan banjir.


(bin)